SK Rektor Pemenang Hibah Kompetitif: Analisis Bioassay Pelarutan dan Dispersi Nutrien dari Air Limbah Industri Pulp Kertas Pada Ekosistem Air dengan Gradien pH Asam-Basa

Setiawan, Arum (2017) SK Rektor Pemenang Hibah Kompetitif: Analisis Bioassay Pelarutan dan Dispersi Nutrien dari Air Limbah Industri Pulp Kertas Pada Ekosistem Air dengan Gradien pH Asam-Basa. Universitas Sriwijaya. (Unpublished)

[thumbnail of SK-REKTOR-UNGGULAN-KOMPETITIF-TAHAP-I TAHUN 2017.pdf]
Preview
Text
SK-REKTOR-UNGGULAN-KOMPETITIF-TAHAP-I TAHUN 2017.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pengujian kandungan parameter fisika, kimia dan biologi pada ekosistem perairan digunakan untuk mengetahui pelarutan dan dispersi serta analisis tingkat polusi air pada air limbah dan air permukaan/Sungai Sugihan yang berasal dari air limbah industri pulp kertas. Pengujian kimia serta analisis polutan prioritas dalam hal ini adalah PO4 dan NH3, dapat memberikan informasi mengenai kualitas dan kuantitas polusi yang terjadi. Metode pengujian dan pengamatan parameter kimia dan biologis diharapkan bisa memberikan informasi deskripsi kualitatif kehadiran dan kekuatan toksisitas polutan pada lingkungan perairan yang diamati, dimana kontaminan bahan kimia pada sedimen dan air tawar biasanya terjadi tidak sebagai zat tunggal tapi ditemukan sebagai campuran dari beragam polutan. Sehingga komparabilitas dan interpretasi respon biologis terhadap kompleks komposisi senyawa akan coba ditentukan dengan melihat jumlah, komposisi dan keanekaragaman benthos, planton dan nekton yang dapat bertahan hidup di lingkungan perairan yang dibatasi oleh perbedaan kepekaan terhadap kontaminan individu dengan perbedaan pH asam-basa serta kondisi parameter kimia air permukaan. Dalam hal ini evaluasi ekotoksikologis pencemaran dalam sistem perairan kanal limbah dan sungai yang terjadi akan diamati guna mengetahui perubahan kualitas air dan beban pencemaran di lingkungan perairan dengan perbedaan gradien pH asam-basa dan kandungan nutrien PO4 dan NH3 yang berasal dari air limbah yang masuk ke sungai.

Item Type: Other
Additional Information: SK Rektor Universitas Sriwijaya Tentang Pemenang Hibah Kompetitif Tahun 2017
Subjects: Q Science > QL Zoology > QL1-355 General. Including geographical distribution
#4 Decrees > Summary of Important Decrees (Surat Keputusan)
Divisions: 08-Faculty of Mathematics and Natural Science > 46201-Biology (S1)
Depositing User: Dr Arum Setiawan
Date Deposited: 26 Nov 2022 11:27
Last Modified: 26 Nov 2022 11:27
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/82294

Actions (login required)

View Item View Item