Tama, Bayu Adhi (2010) Penetapan Strategi Penjualan Menggunakan Association Rules dalam Konteks CRM. JURNAL GENERIC, 5 (1). pp. 35-38. ISSN 1907-4093
Preview |
Text
7-Bayu_Adhi_Tama.pdf Download (330kB) | Preview |
Abstract
Persaingan usaha telah memaksa perusahaan perdagangan untuk lebih selektif dalam menerapkan strategi pemasarannya. Customer Relationship Management (CRM) hadir sebagai sebagai sebuah solusi. Bagian CRM seperti cross/up selling, product affinity analysis, dan product bundling dapat digunakan sebagai sebuah solusi alternatif. Transaksi penjualan dimungkinkan dapat ditingkatkan melalui penjualan additional products dari produk utama dimana pelanggan telah berkomitmen untuk membelinya. Paper ini akan melakukan analisis terhadap data transaksi penjualan sebuah perusahaan ritel umum yang bergerak di bidang fotografi, fotokopi, medical imaging, printing, dan telekomunikasi yang memiliki variasi produk yang sangat beragam. Keanekaragaman produk ini menghasilkan kemungkinan kombinasi produk yang lebih beragam pula. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penetapan strategi penjualan dengan menggunakan data pada tengah semester pertama, tren penjualan dari masing-masing kombinasi produk pada semester kedua mengalami peningkatan yang signifikan.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA75-76.95 Calculating machines > QA75 Electronic computers. Computer science |
Divisions: | 09-Faculty of Computer Science > 57201-Information Systems (S1) |
Depositing User: | Bayu Adhi Tama |
Date Deposited: | 25 Sep 2019 05:16 |
Last Modified: | 25 Sep 2019 05:16 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/8353 |
Actions (login required)
View Item |