Pemanfaatan Gawai Pada Adaptasi Teknologi Untuk Media Pembelajaran Bagi Guru SDN 9 Tanjung Batu Di Desa Limbang Jaya Kabupaten Ogan Ilir (Similarity)

Irmeilyana, Irmeilyana and Ngudiantoro, Ngudiantoro and Maiyanti, Sri Indra and Setiawan, Arum (2022) Pemanfaatan Gawai Pada Adaptasi Teknologi Untuk Media Pembelajaran Bagi Guru SDN 9 Tanjung Batu Di Desa Limbang Jaya Kabupaten Ogan Ilir (Similarity). Turnitin Universitas Sriwijaya, Banda Aceh. (Submitted)

[thumbnail of 06. PEMANFAATAN_GAWAI_PADA_ADAPTASI_TEKNOLOGI_UNTUK_ME.pdf]
Preview
Text
06. PEMANFAATAN_GAWAI_PADA_ADAPTASI_TEKNOLOGI_UNTUK_ME.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pada masa pandemi, pembelajaran secara daring sering menemui banyak kendala baik bagi siswa maupun guru, diantaranya berupa ketiadaan atau tidak memadainya fasilitas gawai, rendahnya pemahaman tentang media digital (Teknologi Informasi dan Komunikasi), dan keterbatasan sinyal. Mayoritas guru mengalami kesulitan untuk mengajar secara daring, karena belum mengerti metode pengajaran yang tepat dan efisien secara online. Mitra pada kegiatan PPM ini adalah guru-guru di SDN 9 Tanjung Batu di Desa Limbang Jaya I. Tujuan kegiatan PPM ini adalah untuk mendampingi dan mengembangkan kompetensi mitra untuk dapat memanfaatkan gawai secara optimal sebagai media pembelajaran, sehingga proses belajar mengajar dapat lebih efektif dan efisien. Metode berupa pelatihan dengan tahapan kegiatan meliputi identifikasi kebutuhan, perancangan dan penyusunan materi pelatihan, transfer materi melalui presentasi dan peragaan (praktek), dan pendampingan implementasi. Pelaksanaan kegiatan dilakukan dengan tatap muka dan juga secara daring, sehingga pelaksanaannya dimulai dari 27 September 2021 sampai 25 Oktober 2021. Program kegiatan dilaksanakan dalam 4 kali kunjungan, dengan pelatihan meliputi: pengenalan gawai sebagai pendukung proses pembelajaran, penggunaan WhatsApp, google form, pembuatan folder dan direktori, penggunaan zoom, Microsoft Excel, dan pembuatan slide power point untuk presentasi. Antusias dan motivasi guru sangat tinggi untuk meningkatkan kemampuan mereka terhadap pemanfaatan gawai dalam proses pembelajaran. Setelah pelatihan ini, diharapkan guru-guru dapat menerapkannya dalam sistem di sekolah baik dalam hal administrasi, pembelajaran serta pengolahan nilai siswa.

Item Type: Other
Additional Information: Ithenticate
Subjects: #3 Repository of Lecturer Academic Credit Systems (TPAK) > Results of Ithenticate Plagiarism and Similarity Checker
Divisions: 08-Faculty of Mathematics and Natural Science > 46201-Biology (S1)
Depositing User: Dr Arum Setiawan
Date Deposited: 14 Dec 2022 05:56
Last Modified: 14 Dec 2022 05:56
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/83617

Actions (login required)

View Item View Item