PENGEMBANGAN PROFESIONAL ADAPTIF SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA PENGARUH ANTARA REFLEKSI DIRI DAN ADAPTABILITAS KARIR TERHADAP SUKSES KARIR DOSEN PADA UNIVERSITAS NEGERI DI WILAYAH SUMATERA BAGIAN SELATAN

Farla, Wita and Perizade, Badia and Zunaidah, Zunaidah and Andriana, Isni (2022) PENGEMBANGAN PROFESIONAL ADAPTIF SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA PENGARUH ANTARA REFLEKSI DIRI DAN ADAPTABILITAS KARIR TERHADAP SUKSES KARIR DOSEN PADA UNIVERSITAS NEGERI DI WILAYAH SUMATERA BAGIAN SELATAN. Doctoral thesis, Universitas Sriwijaya.

[thumbnail of Disertasi Wita Farla.pdf] Text
Disertasi Wita Farla.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan, menganalisis, dan menguji model empirik pengaruh dari refleksi diri dan adaptabilitas karir terhadap sukses karir melalui pengembangan profesional adaptif sebagai variabel mediasi. Populasi pada penelitian ini adalah dosen tetap dengan pendidikan Doktor dan belum memiliki jabatan akademik Profesor pada lima Universitas Negeri di Wilayah Sumatera Bagian Selatan di bawah naungan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi yang terdiri dari Universitas Sriwijaya, Universitas Lampung, Universitas Bengkulu, Universitas Jambi, dan Universitas Bangka Belitung sebanyak 1.248 orang. Sampel pada penelitian ini sebanyak 303 orang dan diambil secara proporsional pada masing-masing universitas. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data primer dengan alat pengumpul data berupa kuesioner. Butir-butir pernyataan yang ada di dalam kuesioner mengacu pada indikator-indikator penelitian yang diukur dengan menggunakan skala semantik. Data penelitian yang telah dikumpulkan selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif dan teknik analisis Model Persamaan Struktural atau analisis Structural Equation Models (SEM). Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa refleksi diri dan adaptabilitas karir berpengaruh signifikan terhadap pengembangan profesional adaptif, refleksi diri dan adaptabilitas karir berpengaruh signifikan terhadap sukses karir, serta refleksi diri dan adaptabilitas karir berpengaruh signifikan terhadap sukses karir melalui pengembangan profesional adaptif sebagai variabel mediasi. Temuan dari penelitian ini membuktikan bahwa pengembangan profesional adaptif mampu berperan sebagai variabel mediasi antara refleksi diri, adaptabilitas karir, dan sukses karir. Variabel pengembangan profesional adaptif merupakan salah satu orisinalitas dan kebaruan dari penelitian ini. Penelitian-penelitian selanjutnya dapat memasukkan beberapa variabel yang tidak dimasukkan dalam model penelitian seperti modal sosial, strategi individual dan organisasional, hubungan karyawan dan organisasi, serta jenis organisasi atau institusi tempat individu bekerja.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD8038 Professions (General). Professional employees
Divisions: 01-Faculty of Economics > 61001-Management (S3)
Depositing User: Wita Farla WK
Date Deposited: 23 Dec 2022 23:48
Last Modified: 16 Mar 2023 07:00
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/84283

Actions (login required)

View Item View Item