KETERAMPILAN MENJELASKAN MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA : ANALISIS VIDEO MICRO TEACHING

MEITAZA, DARIAH and Pasaribu, Abidin (2023) KETERAMPILAN MENJELASKAN MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA : ANALISIS VIDEO MICRO TEACHING. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_84203_06111181924001.pdf] Text
RAMA_84203_06111181924001.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84203_06111181924001_TURNITIN.pdf] Text
RAMA_84203_06111181924001_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (13MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84203_06111181924001_0002026002_01_front_ref.pdf]
Preview
Text
RAMA_84203_06111181924001_0002026002_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (521kB) | Preview
[thumbnail of RAMA_84203_06111181924001_0002026002_02.pdf] Text
RAMA_84203_06111181924001_0002026002_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (372kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84203_06111181924001_0002026002_03.pdf] Text
RAMA_84203_06111181924001_0002026002_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (160kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84203_06111181924001_0002026002_04.pdf] Text
RAMA_84203_06111181924001_0002026002_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (0B) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84203_06111181924001_0002026002_05.pdf] Text
RAMA_84203_06111181924001_0002026002_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (147kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84203_06111181924001_0002026002_06_ref.pdf] Text
RAMA_84203_06111181924001_0002026002_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (268kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84203_06111181924001_0002026002_07_lamp.pdf] Text
RAMA_84203_06111181924001_0002026002_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Tantangan terberat sebagai guru adalah keterampilan mengajar terutama keterampilan menjelaskan. Permasalahan yang muncul dalam penelitian ini adalah bagaimana gambaran keterampilan menjelaskan mahasiswa pendidikan fisika melalui pembelajaran micro teaching pada mahasiswa semester VI. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana gambaran keterampilan menjelaskan mahasiswa pendidikan fisika universitas sriwijaya. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif yang dilaksanakan di FKIP Universitas Sriwijaya. Penelitian ini dilakukan dengan cara mereduksi data, menyajikan data, lalu menganalisis dan membuat kesimpulan dari video micro teaching secara alami dengan menggunakan instrumen Reformed Teaching Observation Protocol (RTOP) dan Alat Penilaian Keterampilan Guru (APKG). Data dikumpulkan dari 40 mahasiswa yang mengikuti mata kuliah pembelajaran mikro. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata waktu menjelaskan mahasiswa adalah kurang lebih 9 menit. keterampilan menjelaskan dibagi menjadi 3 komponen yaitu kejelasan materi, isi/pengetahuan proposisional, dan budaya kelas/hubungan siswa dan guru. Keterampilan menjelaskan mahasiswa keseluruhan termasuk kategori baik sebesar 51,75%. Persentase tertinggi pada subkomponen pertama yaitu mahasiswa menggunakan bahasa yang mudah dimengerti saat menjelaskan dengan persentase 50% sangat baik, subkomponen kedua yaitu mahasiswa memiliki pemahaman yang kuat tentang isi materi pelajaran dengan persentase 47,5% sangat baik, dan subkomponen ketiga yaitu partisipasi aktif siswa didorong dan dihargai dengan persentase 52,5% sangat baik. Subkomponen yang paling rendah adalah guru menggunakan media atau alat praga untuk membantuk menjelaskan kepada siswa sebesar 27,5% dengan kategori sangat kurang baik. Kata Kunci : Keterampilan menjelaskan, Micro Teaching, Analisis Konten

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan menjelaskan, Micro Teaching, Analisis Konten
Subjects: L Education > L Education (General) > L101 Yearbooks
L Education > L Education (General) > L111-791 Official documents, reports, etc.
L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General)
L Education > L Education (General) > L899 School fairs
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 84203-Physics Education (S1)
Depositing User: Dariah Meitaza
Date Deposited: 11 Jan 2023 07:24
Last Modified: 11 Jan 2023 07:24
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/85559

Actions (login required)

View Item View Item