IDENTIFIKASI PERMAINAN PUZZLE DALAM BIDANG KOGNITIF ANAK KELOMPOK B DI TK NEGERI SATU ATAP MUARA BATUN DI SUMATERA SELATAN

UMMAH, INDAH MUFIDATUL and Syafdaningsih, Syafdaningsih (2022) IDENTIFIKASI PERMAINAN PUZZLE DALAM BIDANG KOGNITIF ANAK KELOMPOK B DI TK NEGERI SATU ATAP MUARA BATUN DI SUMATERA SELATAN. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_86207_06141381621055.pdf] Text
RAMA_86207_06141381621055.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86207_06141381621055_TURNITIN.pdf] Text
RAMA_86207_06141381621055_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (6MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86207_06141381621055_0015085906_01_front_ref.pdf]
Preview
Text
RAMA_86207_06141381621055_0015085906_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of RAMA_86207_06141381621055_0015085906_02.pdf] Text
RAMA_86207_06141381621055_0015085906_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (220kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86207_06141381621055_0015085906_03.pdf] Text
RAMA_86207_06141381621055_0015085906_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (520kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86207_06141381621055_0015085906_04.pdf] Text
RAMA_86207_06141381621055_0015085906_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (199kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86207_06141381621055_0015085906_05.pdf] Text
RAMA_86207_06141381621055_0015085906_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (10kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86207_06141381621055_0015085906_06_ref.pdf] Text
RAMA_86207_06141381621055_0015085906_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (125kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86207_06141381621055_0015085906_07_lamp.pdf] Text
RAMA_86207_06141381621055_0015085906_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Berapa persentase capaian bidang perkembangan kognitif pada anak usia (5-6) tahun dalam bermain puzzle. Jenis penelitian yang digunalan adalah deskriptif kuantitatif. Tujuan dari penelitian ini adlah untuk mengidentifikasi perkembangan kognitif anak selama bermain puzzle dan berapa persentase dari masing-masing indikator yang muncul. Sampel adalah anak usia dini yang sudah bersekolah di TK Negeri Satu Atap Muara Batun. Teknik pengumpulan data menggunakan angket tertutup dan daftar ceklis. Berdasarkah hasil penelitian didapatkan bahwa pada indikator berfikir logis mendapatkan hasil persentase 77,5% selanjutnya pada indikator kedua yaitu berfikir simbolik mendaptkan hasil persentse dengan nilai 69,17%, lalu pada indikator ketiga yaitu pemecahan masalah mendapatkan hasil persentase dengan nilai 55%. Sehingga secara keseluruhan, hasil penelitian persentase capaian dalam bidang kognitif dalam bermain puzzle menunjukan bahwa nilai keselruhan didapatkan 68,08% dari hasil ini menyatakan bahwa capaian dalam bidang kognitif anak dalam bermain puzzle di TK Negeri Satu atap Muara Batun berada dalam kategori tinggi yang dimana nilaiini di dapat dari hasil pada daftar ceklis yang telah di lakukan maka di dapatkanlah dari keseluruhan tersebut kategori berkembang sesuai harapan (BSH) sehingga dari permainan puzzle ini dapat digunakan guru untuk meningkatkan kognitif anak yang mana dari kategori yang telah di dapat yaitu BSH agar bisa untuk di tingkatkan menjadi kategori BSB dengan berbagai macam tambahan variasi dari puzzle yang telah ada disekolah agar bisa lebih membantu mengembangkan kognitif anak. Kata Kunci: Permainan Puzzle, Bidang Kognitif

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: permainan puzzle, bidang kognitif
Subjects: L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General)
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 86207-Early Childhood Education (S1)
Depositing User: Indah Mufidatul Ummah
Date Deposited: 03 Feb 2023 01:18
Last Modified: 03 Feb 2023 01:18
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/85581

Actions (login required)

View Item View Item