HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT DENGAN MINAT KUNJUNGAN ULANG PASIEN KE PUSKESMAS DI WILAYAH KABUPATEN BANYUASIN

WAHYUNI, GUSTI TRI and Misnaniarti, Misnaniarti and Idris, Haerawati (2022) HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT DENGAN MINAT KUNJUNGAN ULANG PASIEN KE PUSKESMAS DI WILAYAH KABUPATEN BANYUASIN. Master thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_ 13101_10012682125057.pdf] Text
RAMA_ 13101_10012682125057.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_ 13101_10012682125057_0009067602_0910038601_01_front_ref.pdf]
Preview
Text
RAMA_ 13101_10012682125057_0009067602_0910038601_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of RAMA_ 13101_10012682125057_0009067602_0910038601_02.pdf] Text
RAMA_ 13101_10012682125057_0009067602_0910038601_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (436kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_ 13101_10012682125057_0009067602_0910038601_03.pdf] Text
RAMA_ 13101_10012682125057_0009067602_0910038601_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (602kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_ 13101_10012682125057_0009067602_0910038601_04.pdf] Text
RAMA_ 13101_10012682125057_0009067602_0910038601_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (734kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_ 13101_10012682125057_0009067602_0910038601_05.pdf] Text
RAMA_ 13101_10012682125057_0009067602_0910038601_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (183kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_ 13101_10012682125057_0009067602_0910038601_06_ref.pdf] Text
RAMA_ 13101_10012682125057_0009067602_0910038601_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (416kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_ 13101_10012682125057_0009067602_0910038601_07_lamp.pdf] Text
RAMA_ 13101_10012682125057_0009067602_0910038601_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_ 13101_10012682125057_TURNITIN.pdf] Text
RAMA_ 13101_10012682125057_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Kualitas pelayanan dapat diukur menggunakan beberapa dimensi kualitas pelayanan. Pelayanan kesehatan yang berkualitas akan mempengaruhi minat kunjungan ulang pasien untuk kembali memanfaatkan pelayanan kesehatan di fasilitas kesehatan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan kualitas pelayanan kesehatan gigi dan mulut dengan minat kunjungan ulang pasien ke Puskesmas di wilayah Kabupaten Banyuasin Provinsi Sumatera Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan design cross sectional yang dilakukan di 20 Puskesmas yang ada di wilayah kerja Kabupaten Banyuasin. Sampel merupakan pasien yang memanfaatkan fasilitas pelayanan kesehatan gigi dan mulut di puskesmas di wilayah Kabupaten Banyuasin yang diambil dengan teknik accidental sampling (n=93 orang). Data diambil menggunakan kuesioner. Analisis data dilakukan dengan uji chi-square dan regresi logistic. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan 86% responden yang berminat untuk memanfaatkan kembali pelayanan kesehatan gigi dan mulut. Hasil analisis terhadap dimensi kualitas pelayanan kesehatan gigi dan mulut, didapatkan bahwa dimensi tangible, realiabillity, assurance, responsiveness, dan emphaty berhubungan signifikan dengan minat kunjungan ulang pasien ke Puskesmas di wilayah Kabupaten Banyuasin (p<0.05). Sementara hasil analisis multivariat menyatakan variabel tangible mempunyai pengaruh paling dominan terhadap minat kunjungan ulang (p value = 0.005), 0R = 5,017 (95%CI: 1,293-19,462). Pasien yang menyatakan tangible baik berpeluang 5,017 lebih besar untuk berminat berkunjung ulang ke Puskesmas di wilayah Kabupaten Banyuasin. Kata Kunci : Kunjungan, minat, pasien, pelayanan

Item Type: Thesis (Master)
Uncontrolled Keywords: Kunjungan, minat, pasien, pelayanan
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: 10-Faculty of Public Health > 13101-Public Health Science (S2)
Depositing User: gusti tri wahyuni
Date Deposited: 13 Jan 2023 07:10
Last Modified: 13 Jan 2023 07:10
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/86071

Actions (login required)

View Item View Item