EVALUASI KUALITAS WEBSITE LAZADA MENGGUNAKAN METODE WEBQUAL 4.0 DAN IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA)

AFFANZAKI, MOHAMMAD FAIZ and Oktadini, Nabila Rizky (2023) EVALUASI KUALITAS WEBSITE LAZADA MENGGUNAKAN METODE WEBQUAL 4.0 DAN IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA). Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_57201_09031281924153.pdf] Text
RAMA_57201_09031281924153.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_57201_09031281924153_TURNITIN.pdf] Text
RAMA_57201_09031281924153_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (11MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_57201_09031281924153_0010109104_01_front_ref.pdf]
Preview
Text
RAMA_57201_09031281924153_0010109104_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (954kB) | Preview
[thumbnail of RAMA_57201_09031281924153_0010109104_02.pdf] Text
RAMA_57201_09031281924153_0010109104_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (201kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_57201_09031281924153_0010109104_03.pdf] Text
RAMA_57201_09031281924153_0010109104_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (237kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_57201_09031281924153_0010109104_04.pdf] Text
RAMA_57201_09031281924153_0010109104_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (593kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_57201_09031281924153_0010109104_05.pdf] Text
RAMA_57201_09031281924153_0010109104_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (17kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_57201_09031281924153_0010109104_06_ref.pdf] Text
RAMA_57201_09031281924153_0010109104_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (24kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_57201_09031281924153_0010109104_07_lamp.pdf] Text
RAMA_57201_09031281924153_0010109104_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pelanggan e-commerce memiliki kesempatan terbatas untuk memeriksa kualitas produk dan mengujinya di situs web. Pengguna yang membeli barang dari situs pemasaran tak dikenal tidak memiliki cara untuk mengetahui kualitas barang dan jasa yang ditawarkan. Maka dari itu, website merupakan salah satu elemen yang membantu dan mendorong pelanggan untuk terlibat dalam aktivitas e-commerce. Saat ini jumlah pemakai internet di Indonesia menurut we are social, populasi netter Tanah Air mencapai 204,7 juta orang pada 2022 meningkat sebanyak 2,1 juta orang dari tahun 2021. Dengan jumlah pengguna internet yang meningkat tajam ini, pasar e-commerce menjadi tambang emas yang sangat potensial bagi sebagian orang yang bisa melihat potensi ke depannya. Lazada merupakan salah satu e-commerce dan pionir dalam ekosistem e-commerce Asia Tenggara. Lazada menawarkan variasi produk dalam berbagai kategori mulai dari barang elektronik hingga kebutuhan sehari-hari. Berdasarkan data lalu lintas dan keterlibatan 3 bulan terakhir, jumlah kunjungan atau orang yang mengakses website Lazada selama bulan Juni sampai Agustus 2022 mengalami penurunan.Berdasarkan hal tersebut, diperlukan adanya evaluasi kualitas website Lazada. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur kualitas website lazada dan mengetahui nilai kesenjangan antara persepsi dan harapan pengguna menggunakan metode Webqual 4.0 serta mengetahui indikator apa saja yang menjadi prioritas untuk diperbaiki menggunakan Importance Performance Analysis (IPA). Webqual memiliki total 22 indikator pernyataan dari 3 dimensi, diantaranya Kegunaan, Kualitas Informasi, dan Kualitas Interaksi Layanan. Penelitian ini menerapkan metode kuantitatif dengan penyebaran kuesioner kepada pengguna website Lazada.co.id dengan menggunakan teknik sampling yaitu purposive sampling. Pengujian data dilakukan dari hasil penelitian yaitu uji validitas, reliabilitas, dan paired sample t-test, kemudian dilanjutkan dengan menganalisis nilai kesenjangan antara persepsi dengan harapan pengguna, Webqual Index untuk memperoleh nilai dari kualitas website, serta menganalisi hasil dari Importance Performance Analysis (IPA). Hasil analisis yang didapatkan bahwa website Lazada.co.id termasuk dalam kategori baik, namun masih terdapat beberapa indikator yang perlu dilakukan perbaikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Website, Webqual 4.0, Importance Performance Analysis (IPA)
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75-76.95 Calculating machines > QA76 Computer software
T Technology > T Technology (General) > T60-60.8 Work measurement. Methods engineering > T60.3 General works
Divisions: 09-Faculty of Computer Science > 57201-Information Systems (S1)
Depositing User: Mr. Mohammad Faiz Affanzaki
Date Deposited: 19 Jan 2023 05:50
Last Modified: 19 Jan 2023 05:50
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/86996

Actions (login required)

View Item View Item