WIJAYA, ALDI PUTRA and Yusuf, Muhammad (2022) KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS TERTULIS PESERTA DIDIK KELAS VIII PADA MATERI SPLDV DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL). Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Text
RAMA_84202_06081281924023.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (15MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84202_06081281924023_TURNITIN.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (9MB) | Request a copy |
|
Preview |
Text
RAMA_84202_06081281924023_0025057802_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Preview |
Text
RAMA_84202_06081281924023_0025057802_02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (307kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84202_06081281924023_0025057802_03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (190kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84202_06081281924023_0025057802_04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84202_06081281924023_0025057802_05.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (57kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84202_06081281924023_0025057802_06_ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (179kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84202_06081281924023_0025057802_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (11MB) | Request a copy |
Abstract
Kemampuan komunikasi matematis tertulis merupakan salah satu kemampuan yang penting dimiliki dan dikuasai oleh peserta didik, karena kemampuan komunikasi matematis tertulis dapat membantu peserta didik mengetahui konsep matematika dan menerjemahkan masalah yang masih abstrak kedalam bahasa matematika menggunakan simbol dan notasi matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis tertulis peserta didik kelas VIII pada materi SPLDV dengan model Problem Based Learning (PBL). Subjek penelitian ini adalah 12 orang peserta didik kelas VIII.3 di SMP Negeri 59 Palembang. Pada penelitian ini dilakukan sebanyak 3 pertemuan yaitu, 2 pertemuan pembelajaran dengan model PBL dan 1 pertemuan tes tertulis. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif yang bersifat kualitatif berdasarkan kemunculan indikator kemampuan komunikasi matematis tertulis. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tertulis terdiri dari 2 butir soal dan wawancara semi terstruktur. Dari hasil tes tertulis yang diikuti oleh 12 orang peserta didik diperoleh nilai rata-rata sebesar 67,5 yang masih berkategori sedang. Indikator komunikasi matematis tertulis yang sering muncul adalah (Written text) sebanyak 83,33% yang berkategori tinggi, selanjutnya (Drawing) sebesar 58,33% yang berkategori sedang, dan (Mathematical expression) 56,25% yang berkategori sedang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Komunikasi Matematis Tertulis, Problrm Based Learning, SPLDV |
Subjects: | L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General) |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 84202-Mathematics Education (S1) |
Depositing User: | Aldi Putra Wijaya |
Date Deposited: | 20 Jan 2023 02:42 |
Last Modified: | 20 Jan 2023 02:42 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/87109 |
Actions (login required)
View Item |