ANALISIS PENGARUH KONTEN POSTINGAN TERHADAP SOCIETY ENGAGEMENT PADA INSTAGRAM DINAS PARIWISATA KOTA PALEMBANG

SALSABILAH, LIWINANTIA and Putra, Apriansyah (2022) ANALISIS PENGARUH KONTEN POSTINGAN TERHADAP SOCIETY ENGAGEMENT PADA INSTAGRAM DINAS PARIWISATA KOTA PALEMBANG. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_57201_09031181924028.pdf] Text
RAMA_57201_09031181924028.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_57201_09031181924028_TURNITIN.pdf] Text
RAMA_57201_09031181924028_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (8MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_57201_09031181924028_0208047701_01_front_ref.pdf]
Preview
Text
RAMA_57201_09031181924028_0208047701_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of RAMA_57201_09031181924028_0208047701_02.pdf] Text
RAMA_57201_09031181924028_0208047701_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (706kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_57201_09031181924028_0208047701_03.pdf] Text
RAMA_57201_09031181924028_0208047701_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (591kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_57201_09031181924028_0208047701_04.pdf] Text
RAMA_57201_09031181924028_0208047701_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (844kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_57201_09031181924028_0208047701_05.pdf] Text
RAMA_57201_09031181924028_0208047701_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (192kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_57201_09031181924028_0208047701_06_ref.pdf] Text
RAMA_57201_09031181924028_0208047701_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (405kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_57201_09031181924028_0208047701_07_lamp.pdf] Text
RAMA_57201_09031181924028_0208047701_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Instagram yang memiliki pengguna terbanyak dan hampir semua stakeholder termasuk pemerintah menggunakanya untuk menjalin hubungan dengan masyarakat, dinilai memiliki pengaruh terhadap perkembangan pariwisata di Indonesia, jika publikasi informasi melalui konten dapat berjalan optimal. Dinas Pariwisata Kota Palembang (@pariwisata.palembang) merupakan salah satu Instansi Pemerintah yang menggunakan instagram untuk mendukung perkembangan pariwisata di Indonesia. Namun hal itu tidak maksimal dikarenakan beberapa konten yang dipublikasi belum memiliki society engagement (like dan comments) yang tinggi. Sehingga, perlu diketahui apakah konten tersebut memiliki pengaruh terhadap society engagement. Dan diketahui pengaruh Society Engagement dalam kualitas konten. Dan faktor yang seperti apa yang memiliki Society Engagement yang tinggi sehingga berguna untuk meningkatkan kualitas konten tersebut. Penelitian ini menggunakan metode analisis kuantitatif dengan pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner online dengan jumlah sampel 109 responden yang populasi berasal dari followers akun Instagram @pariwisata.palembang. Analisis Data yang didapatkan menggunakan tools SmartPLS, dan melalui tahap content validity oleh 5 expert, melakukan penyebaran serta perhitungan pilot test terhadap 30 responden, selanjutnya pengujian responden dengan jumlah yang lebih besar sebanyak 109 responden yaitu tahap outer model (discriminant validity dan convergency validity) dan inner model (r-square dan path coefficient). Hasil yang didapatkan dari penelitian ini yaitu, Faktor Connection yang merupakan indikator dari Konten Instagram mempengaruhi Society Engagement. Faktor Context, Communication, dan Collaboration tidak memiliki pengaruh terhadap Society Engagement, sedangkan Faktor Connection yang memiliki pengaruh terhadap Society Engagement.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Instagram Content, Society Engagement.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HA Statistics > HA1-4737 Statistics
T Technology > T Technology (General) > T57.6-57.97 Operations research. Systems analysis > T57.6.A1 Periodicals, societies, etc.
Divisions: 09-Faculty of Computer Science > 57201-Information Systems (S1)
Depositing User: Liwinantia Salsabilah
Date Deposited: 20 Jan 2023 05:12
Last Modified: 20 Jan 2023 05:12
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/87146

Actions (login required)

View Item View Item