KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI DENGAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL)

SARI, ITOH NUR and Indaryanti, Indaryanti (2022) KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI DENGAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL). Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_84202_06081281924071.pdf] Text
RAMA_84202_06081281924071.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (10MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84202_06081281924071_TURNITIN.pdf] Text
RAMA_84202_06081281924071_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (9MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84202_06081281924071_0006046401_01_front_ref.pdf]
Preview
Text
RAMA_84202_06081281924071_0006046401_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (674kB) | Preview
[thumbnail of RAMA_84202_06081281924071_0006046401_02.pdf] Text
RAMA_84202_06081281924071_0006046401_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (394kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84202_06081281924071_0006046401_03.pdf] Text
RAMA_84202_06081281924071_0006046401_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (150kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84202_06081281924071_0006046401_04.pdf] Text
RAMA_84202_06081281924071_0006046401_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84202_06081281924071_0006046401_05.pdf] Text
RAMA_84202_06081281924071_0006046401_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (73kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84202_06081281924071_0006046401_06_ref.pdf] Text
RAMA_84202_06081281924071_0006046401_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (170kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84202_06081281924071_0006046401_07_lamp.pdf] Text
RAMA_84202_06081281924071_0006046401_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan representasi matematis siswa di SMPN 6 Indralaya Utara dalam bentuk visual, verbal, dan simbolik. Penerapan model CTL dapat dijadikan solusi untuk permasalahan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan representasi matematis siswa pada materi relasi dan fungsi setelah diterapkan model Contextual Teaching and Learning (CTL). Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan analisis data secara kuantitatif dan kualitatif sesuai dengan indikator representasi matematis. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 6 Indralaya Utara di kelas VII.3 dengan melibatkan sebanyak 22 orang siswa sebagai subjek. Teknik pengumpulan data menggunakan 2 butir soal tes tertulis dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukan persentase banyak siswa yang berada pada kategori tinggi sebanyak 31,82%, sedang 50%, dan rendah 18,18%. Sedangkan, skor rata-rata kemunculan representasi matematis tertinggi terdapat pada representasi verbal sebesar 57,95, representasi simbolik sebesar 56,81, dan representasi visual sebesar 52,27. Hasil data tes menunjukkan bahwa siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi relasi dan fungsi dimulai dengan representasi verbal yaitu menuliskan informasi soal dilanjutkan dengan simbolik, lalu visual.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan representasi matematis, Relasi dan Fungsi, Contextual Teaching and Learning (CTL)
Subjects: L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General)
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 84202-Mathematics Education (S1)
Depositing User: Itoh Nur Sari
Date Deposited: 25 Jan 2023 04:53
Last Modified: 25 Jan 2023 04:53
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/87431

Actions (login required)

View Item View Item