PENGUJIAN MARSHALL DAN CANTABRO SCATTERING LOSS PADA CAMPURAN ASPAL (AC 60/70) DENGAN 6 % DAN 20 % KARET BAN LUAR BEKAS

FERDIAN, FERDIAN and Astira, Imron Fikri and Oemar, Bakrie (2005) PENGUJIAN MARSHALL DAN CANTABRO SCATTERING LOSS PADA CAMPURAN ASPAL (AC 60/70) DENGAN 6 % DAN 20 % KARET BAN LUAR BEKAS. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_22201_03023110141.pdf] Text
RAMA_22201_03023110141.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (87MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03023110141_9990257108_9900983165_01_front_ref.pdf]
Preview
Text
RAMA_22201_03023110141_9990257108_9900983165_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (11MB) | Preview
[thumbnail of RAMA_22201_03023110141_9990257108_9900983165_02.pdf] Text
RAMA_22201_03023110141_9990257108_9900983165_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (8MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03023110141_9990257108_9900983165_03.pdf] Text
RAMA_22201_03023110141_9990257108_9900983165_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (6MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03023110141_9990257108_9900983165_04.pdf] Text
RAMA_22201_03023110141_9990257108_9900983165_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (6MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03023110141_9990257108_9900983165_05.pdf] Text
RAMA_22201_03023110141_9990257108_9900983165_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03023110141_9990257108_9900983165_06_ref.pdf] Text
RAMA_22201_03023110141_9990257108_9900983165_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (579kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03023110141_9990257108_9900983165_07_lamp.pdf] Text
RAMA_22201_03023110141_9990257108_9900983165_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (44MB) | Request a copy

Abstract

Jenis karet terbagi dua yaitu karet sintetik dan karet alami. Karet alami memiliki kelebihan pada kelenturan sedangkan karet sintetis memiliki campuran dari beberapa kelebihan . Mengingat karet dapat meningkatkan kinerja aspal dalam campuran beton aspal, maka dalam penelitian ini dicoba digunakan serbuk atau serbuk ban kendaraan bekas sebagai pengganti bahan tambah, dimana ban kendaraan bekas tersebutjuga bermasalah dari segi lingkungan dalam hal pembuangannya. Penelitian ini menggunakan material bahan tambah lokal yaitu ban bekas yang diparut atau disebut serbuk ban bekas (Scraped Tire RubberPowder = STRP). Karena bahan ini merupakan bahan buangan padat yang tentunya juga akan menimbulkan masalah jika tidak dikelola dengan baik, maka jika material ini dapat digunakan sebagai bahan tambah aspal dalam campuran aspal beton maka banyak masalah yang sekaligus dapat terpecahkan. Hasil yang didapat dari pengujian campuran, yaitu Marshall Tesi dan Cantabro Scattering Loss Test membuktikan bahwa campuran aspal Pen. 60/70 dengan karet ban luar untuk ATB lebih memiliki nilai stabilitas dan ekonomis yang tinggi dibandingkan dengan campuran aspal biasa. Hal ini dapat diketahui dari naiknya nilai stabilitas yang cukup signifikan pada penambahan serbuk karet ban luar bekas sebesar 6% dan 20%, yaitu untuk 6% pada kadar aspal optimum sebesar 6,5% didapat nilai stabilitas 1422 kg, dan untuk 20% didapat stabilitas sebesar 1119 kg pada kadar aspal optimum 6,5% sedangkan pada campuran aspal tanpa penambahan serbuk karet ban luar bekas hanya 812 kg dengan kadar aspal optimum yang sama. Untuk hasil Cantabro Scattering L Test menunjukan nilai minimum abrasi Cantabro pada campuran dengan penambahan serbuk karet ban luar bekas 6% dan 20%, yaitu untuk 6% sebesar 0,027% jatuh pada kadar aspal optimum 6,5% dan untuk 20% sebesar 0,037% jatuh pada kadar aspal optimum 7,5% sedangkan pada campuran aspal tanpa penambahan serbuk karet ban luar bekas didapat nilai minimum abrasi Cantabro adalah 2,817%, jatuh pada kadar aspal optimum 7,5%. Kata kunci : karet, serbuk ban kendaraan, aspal beton

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: karet, serbuk ban kendaraan, aspal beton
Subjects: Q Science > Q Science (General) > Q1-295 General
Divisions: 03-Faculty of Engineering > 22201-Civil Engineering (S1)
Depositing User: Mrs. Elly Suryani
Date Deposited: 25 Jan 2023 08:33
Last Modified: 12 Jul 2023 07:21
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/87501

Actions (login required)

View Item View Item