Penelitian Kerjasama Luar Negeri (KLN) Tahun 2019 dengan judul "Development of high performance Concrete using agricultural waste from rice harvestation". Kerjasama dengan Dr. Ash Ahmed dari Leeds Beckett University dan anggota Gunawan Tanzil, Yakni Idris (Tahap 2) (Laporan Penelitian)

Fitriani, Heni (2019) Penelitian Kerjasama Luar Negeri (KLN) Tahun 2019 dengan judul "Development of high performance Concrete using agricultural waste from rice harvestation". Kerjasama dengan Dr. Ash Ahmed dari Leeds Beckett University dan anggota Gunawan Tanzil, Yakni Idris (Tahap 2) (Laporan Penelitian). Project Report. LPPM Unsri, Universitas Sriwijaya. (Unpublished)

[thumbnail of New_Lap Akhir_Development of high_Tahap 2_compressed.pdf] Text
New_Lap Akhir_Development of high_Tahap 2_compressed.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa kuat tekan beton mutu tinggi dengan mensubstitusi penggunaan semen menggunakan abu sekam padi jika dilakukan tanpa treatment terlebih dahulu. Treatment yang dimaksud adalah proses penyaringan untuk mendapatkan abu sekam padi dengan karakteristik material yang lebih halus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seiring dengan bertambahnya substitusi ASP terhadap semen, besar slump menjadi semakin kecil. Persentase perubahan terbesar terdapat pada kandungan ASP-10% pada campuran HSC 400, dimana tidak terjadi penurunan saat pengujian slump. Pengujian kuat tekan beton menunjukkan bahwa semua beton campuran 500 mengalami peningkatan dengan semakin bertambahnya umur beton. Namun pada campuran 500 ini hanya beton dengan penambahan ASP sebesar 2,5% dan 5% saja yang melampaui kuat tekan beton kontrolnya. Kuat tekan maksimum terdapat pada beton dengan penambahan ASP 5% pada umur 56 hari sebesar 38,9 MPa. Persentase peningkatan kuat tekan terbesar juga terjadi pada beton dengan penambahan ASP 5% yaitu sebesar 5,42 %. Hasil juga menunjukkan bahwa semua beton campuran 400 mengalami peningkatan dengan semakin bertambahnya umur beton. Namun pada campuran 400 ini tidak ada beton dengan penambahan ASP yang melampaui kuat tekan beton kontrolnya. Kuat tekan maksimum terdapat pada beton dengan penambahan ASP 2,5% pada umur 56 hari sebesar 36 MPa. Persentase peningkatan kuat tekan terbesar juga terjadi pada beton dengan penambahan ASP 2,5% yaitu sebesar 11,8%.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA1-2040 Engineering (General). Civil engineering (General) > TA145 General works. Civil engineering, etc. 1850-
#3 Repository of Lecturer Academic Credit Systems (TPAK) > Corresponding Author
Divisions: 03-Faculty of Engineering > 22201-Civil Engineering (S1)
Depositing User: Heni Fitriani
Date Deposited: 27 Jan 2023 06:05
Last Modified: 07 Sep 2023 14:24
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/87570

Actions (login required)

View Item View Item