"Penelitian Kompetitif Tahun 2021 dengan judul ""Optimasi Design Bangunan Gedung dengan BIM terhadap Energy Use Intensity dan Life-Cycle Energy Analysis"" dengan anggota Mona Foralisa Toyfur dan Ahmad Muhtarom" (Laporan Penelitian)

Fitriani, Heni (2021) "Penelitian Kompetitif Tahun 2021 dengan judul ""Optimasi Design Bangunan Gedung dengan BIM terhadap Energy Use Intensity dan Life-Cycle Energy Analysis"" dengan anggota Mona Foralisa Toyfur dan Ahmad Muhtarom" (Laporan Penelitian). Project Report. LPPM Unsri, Universitas Sriwijaya. (Unpublished)

[thumbnail of Lap akhir_Optimasi design_2021_signed all.pdf] Text
Lap akhir_Optimasi design_2021_signed all.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Industri konstruksi menjadi penyumbang emisi gas rumah kaca (GRK) terbesar ketiga dibanding sektor industri lainnya dimana bangunan menyumbang lebih dari 70% GRK pada lingkungan. Oleh karena itu, isu-isu keberlanjutan yang dapat meminimalisir dampak pemanasan global dan emisi karbon sangat penting untuk diperhatikan. Desain bangunan memberikan kontribusi sebesar 70% terhadap dampak lingkungan sepanjang siklus hidup umur bangunan. Oleh karena itu, pada tahap mendesain bangunan, ada beberapa parameter yang harus diperhatikan seperti struktur bangunan, tipe bangunan, jenis material, karakteristik geometri bangunan, informasi iklim, orientasi bangunan, dan lain-lain. Dengan mengoptimalkan bentuk bangunan, isolasi dan orientasi, konsumsi energi pada bangunan dapat dikurangi hingga 80%. Hal ini dapat menurunkan biaya investasi sehingga dapat menurunkan total biaya siklus hidup (LCC) untuk sebuah bangunan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA190-194 Management of engineering works
Divisions: 03-Faculty of Engineering > 22201-Civil Engineering (S1)
Depositing User: Heni Fitriani
Date Deposited: 31 Jan 2023 03:14
Last Modified: 31 Jan 2023 03:14
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/87575

Actions (login required)

View Item View Item