"Penelitian Kompetitif Tahun 2020 dengan judul ""Analisis Integrasi Building Information Modeling (BIM) terhadap Kinerja Penggunaan Energi pada Bangunan Gedung"" dengan anggota Citra Indriyati, Ahmad Muhtarom,dan Aditya Rachmadi (Laporan Penelitian)

Fitriani, Heni (2020) "Penelitian Kompetitif Tahun 2020 dengan judul ""Analisis Integrasi Building Information Modeling (BIM) terhadap Kinerja Penggunaan Energi pada Bangunan Gedung"" dengan anggota Citra Indriyati, Ahmad Muhtarom,dan Aditya Rachmadi (Laporan Penelitian). Project Report. LPPM Unsri, Universitas Sriwijaya. (Unpublished)

[thumbnail of Lap Akhir_Analisis integrasi_2020_signed all.pdf] Text
Lap Akhir_Analisis integrasi_2020_signed all.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Isu pemanasan global dan efek rumah kaca menjadi perhatian yang sangat besar saat ini bagi sebagian besar masyarakat dunia. Dengan adanya peningkatan permintaan energi dan berkurangnya sumber daya energi yang ada, tuntutan terhadap industri konstruksi akan bangunan yang lebih hemat energi makin besar. Bangunan adalah salah satu konsumen energi terbesar dan menyumbang sekitar 40% dari total konsumsi energi. Hal ini menunjukkan bahwa industri konstruksi dihadapkan pada tantangan untuk memastikan bahwa penggunaan energi yang diperkirakan selama desain dapat tercapai setelah bangunan digunakan. Sebagian besar informasi spesifik elemen bangunan yang diperlukan dalam simulasi energi dapat dilakukan dengan Building Information Modeling (BIM). Dengan memanfaatkan BIM sebagai sumber data untuk analisis energi, input data akan lebih efisien dan data yang ada dapat digunakan kembali. Hal ini juga memungkinkan untuk memanfaatkan model bangunan dalam simulasi energi. Oleh karena itu, penelitian ini menganalis penggunaan energi dalam evaluasi suatu bangunan gedung secara lebih akurat dengan cara mengembangkan model analisis energi dengan integrasi BIM sehingga menghasilkan prediksi yang akurat tentang kinerja bangunan yang dapat membantu dalam meningkatkan proses pengambilan keputusan desain.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA190-194 Management of engineering works
Divisions: 03-Faculty of Engineering > 22201-Civil Engineering (S1)
Depositing User: Heni Fitriani
Date Deposited: 31 Jan 2023 03:22
Last Modified: 31 Jan 2023 03:22
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/87579

Actions (login required)

View Item View Item