ETNOMATEMATIKA RUMAH LIMAS 100 TIANG SUGIH WARAS OGAN KOMERING ILIR DAN PENGINTEGRASIANNYA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SMP

AZIZA, NUR and Somakim, Somakim and Mulyono, Budi (2022) ETNOMATEMATIKA RUMAH LIMAS 100 TIANG SUGIH WARAS OGAN KOMERING ILIR DAN PENGINTEGRASIANNYA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SMP. Master thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_84102_06022682125008.pdf] Text
RAMA_84102_06022682125008.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (18MB)
[thumbnail of RAMA_84102_06022682125008_TURNITIN.pdf] Text
RAMA_84102_06022682125008_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (14MB)
[thumbnail of RAMA_84102_06022682125008_0006046302_0025057802_01_front_ref.pdf]
Preview
Text
RAMA_84102_06022682125008_0006046302_0025057802_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (733kB) | Preview
[thumbnail of RAMA_84102_06022682125008_0006046302_0025057802_02.pdf] Text
RAMA_84102_06022682125008_0006046302_0025057802_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (231kB)
[thumbnail of RAMA_84102_06022682125008_0006046302_0025057802_03.pdf] Text
RAMA_84102_06022682125008_0006046302_0025057802_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (293kB)
[thumbnail of RAMA_84102_06022682125008_0006046302_0025057802_04.pdf] Text
RAMA_84102_06022682125008_0006046302_0025057802_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB)
[thumbnail of RAMA_84102_06022682125008_0006046302_0025057802_05.pdf] Text
RAMA_84102_06022682125008_0006046302_0025057802_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (8kB)
[thumbnail of RAMA_84102_06022682125008_0006046302_0025057802_06_ref.pdf] Text
RAMA_84102_06022682125008_0006046302_0025057802_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (148kB)
[thumbnail of RAMA_84102_06022682125008_0006046302_0025057802_07_lamp.pdf] Text
RAMA_84102_06022682125008_0006046302_0025057802_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (14MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi unsur etnomatematika pada Rumah Limas 100 Tiang dan mengintegrasikannya ke dalam pembelajaran matematika. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksploratif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dari observasi dan wawancara dilakukan analisis data dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penyajian data. Sedangkan data yang diperoleh dari tes akan dianalisis dengan tahapan mengakumulasikan hasil tes siswa yang mencapai KKM lalu dilihat ketuntasan hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat: 1) terdapat beberapa konsep matematika yakni bangun ruang dan kesimetrisan yang digunakan dalam pembangunan struktur rumah limas 100 tiang dan filosofi yang mendasari setiap bagian-bagian yang terdapat pada rumah tersebut. 2) pengintegrasiannya dalam pembelajaran matematika dilakukan untuk mengkontekstualkan objek matematika yang bersifat abstrak agar lebih mudah memahami konsep matematika di samping itu juga bertujuan untuk mengenalkan unsur budaya pada siswa. Hasil belajar siswa setelah menerapkan pembelajaran berbasis etnomatematika menunjukkan bahwa terdapat 88,57% siswa yang tuntas dalam hal ini pengintegrasian etnomatematika dalam pembelajaran matematika dalam kategori efektif.

Item Type: Thesis (Master)
Uncontrolled Keywords: Eksplorasi, etnomatematika, integrasi dalam pembelajaran matematika, rumah limas 100 tiang.
Subjects: L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025-1050.75 Teaching (Principles and practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 84102-Mathematics Education (S2)
Depositing User: Nur Aziza
Date Deposited: 01 Feb 2023 06:42
Last Modified: 01 Feb 2023 06:42
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/87656

Actions (login required)

View Item View Item