HUBUNGAN DURASI PENGGUNAAN GADGET DENGAN INDEKS PRESTASI BELAJAR SISWA SMP

MEILYANI, RENNY and Swanny, Swanny and Theodorus M, Theodorus M (2019) HUBUNGAN DURASI PENGGUNAAN GADGET DENGAN INDEKS PRESTASI BELAJAR SISWA SMP. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_11201_04011181520084.pdf] Text
RAMA_11201_04011181520084.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (134MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_11201_04011181520084_9990450909_0015096002_01_front_ref.pdf]
Preview
Text
RAMA_11201_04011181520084_9990450909_0015096002_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (18MB) | Preview
[thumbnail of RAMA_11201_04011181520084_9990450909_0015096002_02.pdf] Text
RAMA_11201_04011181520084_9990450909_0015096002_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (15MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_11201_04011181520084_9990450909_0015096002_03.pdf] Text
RAMA_11201_04011181520084_9990450909_0015096002_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_11201_04011181520084_9990450909_0015096002_04.pdf] Text
RAMA_11201_04011181520084_9990450909_0015096002_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (11MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_11201_04011181520084_9990450909_0015096002_05.pdf] Text
RAMA_11201_04011181520084_9990450909_0015096002_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (528kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_11201_04011181520084_9990450909_0015096002_06_ref.pdf] Text
RAMA_11201_04011181520084_9990450909_0015096002_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_11201_04011181520084_9990450909_0015096002_07_lamp.pdf] Text
RAMA_11201_04011181520084_9990450909_0015096002_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (83MB) | Request a copy

Abstract

Gadgel atau gawai merupakan teknologi dengan fungsi khusus yang bertujuan untuk memudahkan suatu pekerjaan yang berkembang seiring dengan berjalannya waktu. Gadget juga merpukan salah satu media yang dapat digunakan untuk proses pembelajaran oleh remaja dalam menunjang prestasi belajar mereka disekolah. Prestasi belajar di dunia pendidikan merupakan salah satu parameter yang penting dalam mengukur keberhasilan proses belajar mengajar. Prestasi belajar adalah bila seseorang telah belajar dan akan terjadi perubahan tingkah laku pada orang tersebut seperti dari tidak tahu menjadi tahu, dan dari tidak mengerti menjadi mengerti. Pada tahun 2015 Indonesia berada diperingkat 10 terbawah dunia dalam prestasi membaca, matematika dan sains pada siswa sekolah yang berusia 15 tahun. Peringkat yang rendah ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran yang telah dilaksanakan tidak berjalan dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan durasi penggunaan gadget dengan indeks prestasi belajar siswa SMP. Penelitian cross sectional telah dilakukan di 6 SMP yaitu SMP Negeri 6, SMP Negeri 10, SMP Negeri 40, SMP Karya Ibu, SMP Xaverius 1 dan SMP YPI Tunas Bangsa Palembang pada periode Juli 2018 - Maret 2019. Sebanyak 366 sampel siswa SMP diambil dengan teknik proportioned stratified random pling. Data diambil dengan mengobservasi kuesioner berupa kelas, usia, jenis kelamin, tingkat pendidikan terakhir orang tua dan durasi penggunaan gadget. Data indeks prestasi belajar diambil dengan menggunakan rapor semester 2 tahun ajaran 2017/2018. Lalu data dianalisis dengan uji Chi Square dengan menggunakan perangkat SPSS versi 24. Sampel penelitian terdiri Hasil: dari 188 orang (51,4%) laki-laki dan .178 orang (48,6%) perempuan, kelas VIII terdiri dari 177 orang (48,4%), kelas IX 189 orang (51,6%), sampel yang berusia <13 tahun sebanyak 142 orang (38,8%), usia >13 tahun sebanyak 224 orang (61,2%), indeks prestasi belajar cukup sebanyak 217 (59,3%) dan indeks prestasi belajar baik sebanyak 149 orang (40,7%). Sebanyak 366 orang (100%) menggunakan smartphone, 86 orang (23,5%) menggunakan tablet dan 162 orang (44,3%) menggunakan laptop. Secara statistik terdapat hubungan yang signifikan antara jenis kelamin dengan indeks prestasi belajar (p=0,044, PR=1,543). Tidak terdapat hubungan bermakna antara variabel usia (p=0,294, PR=1,259), pendidikan ayah (p=0,540, PR=0,851), pendidikan ibu (p-0,725, PR=0,912) terhadap indeks prestasi belajar siswa SMP. Hubungan fitur orang komunikasi smarphone (p= 1,000, PR= 0,726), fitur edukasi smarphone (p=0,140, PR= 0,400), fitur hiburan tablet (p= 0,897, PR=1,052), fitur komunikasi tablet {p=0,870, PR=1,103), fitur edukasi tablet (p=0,352, PR=0,746), fitur hiburan laptop (p=l,000, PR=1,010), fitur komunikasi laptop (p=0,177, PR=1,596) fitur edukasi laptop (p=0,315, PR=0,791) terhadap indeks prestasi belajar. Hubungan durasi penggunaan gadget dan indeks prestasi belajar tidak menemukan hubungan yang signifikan (p=0,311, PR=0,806) Terdapat hubungan yang bermakna antara variabel jenis kelamin dengan indeks prestasi belajar. Sedangkan tidak terdapat hubungan yang bermakna untuk variabel durasi penggunaan gadget dengan indeks prestasi belajar. Kata Kunci: gadget, durasi penggunaan gadget, indeks prestasi belajar, sectional cross

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: gadget, durasi penggunaan gadget, indeks prestasi belajar, sectional cross
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine
Divisions: 04-Faculty of Medicine > 11201-Medicine (S1)
Depositing User: Mrs. Elly Suryani
Date Deposited: 10 Feb 2023 04:35
Last Modified: 10 Feb 2023 04:35
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/89394

Actions (login required)

View Item View Item