Similarity of Analisa Tegangan Tube Bundle pada Reboiler Unit DHP E-460 dengan Menggunakan Autodesk Inventor

Chandra, Hendri and Darmawi, Darmawi and Riandagi, Aidil Firsa (2023) Similarity of Analisa Tegangan Tube Bundle pada Reboiler Unit DHP E-460 dengan Menggunakan Autodesk Inventor. Ithenticate Universitas sriwijaya. (Submitted)

[thumbnail of Analisa Tegangan Tube Bundle pada Reboiler Unit DHP E-460 dengan Menggunakan Autodesk Inventor.pdf]
Preview
Text
Analisa Tegangan Tube Bundle pada Reboiler Unit DHP E-460 dengan Menggunakan Autodesk Inventor.pdf

Download (879kB) | Preview

Abstract

Tube bundle merupakan salah satu komponen utama pada reboiler unit DHP E-460. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisa distribusi tegangan, tegangan maksimal yang terjadi pada tube akibat internal pressure dan faktor keamanan tube pada saat beroperasi dalam kondisi normal. Pada penelitian ini juga akan melakukan simulasi dengan memasukkan faktor laju korosi yang menyebabkan penipisan pada dinding tube. Analisa dilakukan menggunakan metode elemen hingga (MEH) dengan bantuan perangkat lunak untuk memperoleh hasil yang diinginkan dengan memasukkan input data berupa pemodelan dari tube bundle, jenis material, kondisi batas dan pembebanan yang terjadi Penelitian ini dilakukan dengan model tiga dimensi, dimaksudkan agar memperoleh hasil yang lebih akurat. Hasil dari penelitian ini yaitu gambaran secara visual mengenai distribusi tegangan, tegangan maksimal yang terjadi pada tube akibat tekanan dari dalam, daerah- daerah yang mengalami tegangan kritis pada tube bundle, faktor keamanan serta apa saja upaya yang dapat dilakukan untuk rnenekan laju kerusakan pada tube bundle. Setelah penelitian dilakukan diharapkan agar proses kerusakan pada tube dapat dikurangi. Selain itu, penelitian ini juga dimaksudkan untuk menambah pengetahuan mengenai tegangan pada tube.

Item Type: Other
Subjects: #3 Repository of Lecturer Academic Credit Systems (TPAK) > Results of Ithenticate Plagiarism and Similarity Checker
Divisions: 03-Faculty of Engineering > 21201-Mechanical Engineering (S1)
Depositing User: Dr. Ir. Hendri Chandra
Date Deposited: 15 Feb 2023 21:54
Last Modified: 15 Feb 2023 21:54
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/89522

Actions (login required)

View Item View Item