PENELITIAN PERKERASAN ASPAL POROUS (AC 60/70) DENGAN PENGGUNAAN LIMBAH KARET BAN LUAR 11% DAN 16% TERHADAP ASPAL MELALUI PENGUJIAN MARSHALL DAN CANTABRO SCATTERING LOSS TEST

FAISHAL, MUHAMMAD and Oemar, Bakrie and Lussetyawati, Tutur (2005) PENELITIAN PERKERASAN ASPAL POROUS (AC 60/70) DENGAN PENGGUNAAN LIMBAH KARET BAN LUAR 11% DAN 16% TERHADAP ASPAL MELALUI PENGUJIAN MARSHALL DAN CANTABRO SCATTERING LOSS TEST. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_22201_03003110044.pdf] Text
RAMA_22201_03003110044.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (58MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03003110044_9900983165_0025096502_01_front_ref.pdf]
Preview
Text
RAMA_22201_03003110044_9900983165_0025096502_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (8MB) | Preview
[thumbnail of RAMA_22201_03003110044_9900983165_0025096502_02.pdf] Text
RAMA_22201_03003110044_9900983165_0025096502_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (9MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03003110044_9900983165_0025096502_03.pdf] Text
RAMA_22201_03003110044_9900983165_0025096502_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03003110044_9900983165_0025096502_04.pdf] Text
RAMA_22201_03003110044_9900983165_0025096502_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (8MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03003110044_9900983165_0025096502_05.pdf] Text
RAMA_22201_03003110044_9900983165_0025096502_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (760kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03003110044_9900983165_0025096502_06_ref.pdf] Text
RAMA_22201_03003110044_9900983165_0025096502_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (660kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03003110044_9900983165_0025096502_07_lamp.pdf] Text
RAMA_22201_03003110044_9900983165_0025096502_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (26MB) | Request a copy

Abstract

Curah hujan yang tinggi pada suatu wilayah dapat membuat kondisi jalan menjadi semakin memburuk apabila air dibiarkan menggenangi badan jalan, terutama pada saat terjadinya hujan. Sebagai pemecahannya, dibuat alternatif baru agar air tidak terlalu lama menggenangi badan jalan, yaitu dengan membuat lapisan lentur perkerasan bergradasi terbuka yang di Indonesia dikenal dengan nama drainseal atau sering disebut dengan Porous Asphalt Wearing Cour.se (PAWC). Aspal merupakan salah satu material yang harganya relatif mahal, sehingga perlu dilakukan penghematan dalam penggunaannya. Salah satu cara untuk melakukan penghematan tersebut yaitu dengan mengganti sebagian aspal tersebut. Material pengganti harus praktis dan ekonomis sehingga untuk itu bahan tersebut harus mudah di dapat, menyatu dengan aspal, dan juga harus cukup efektif dalam hal biaya. Mengingat karet dapat meningkatkan kinerja aspal dalam campuran beton aspal, maka dalam penelitian ini dicoba digunakan karet ban luar kendaraan bekas sebagai pengganti sebagian aspal dalam campuran aspal porous pada lapisan permukaan konstruksi jalan raya (Surface Cour.se ). Setelah dilakukan pengujian campuran berupa Marshad Tes t dan Cantabro' ScaIIering Lo.ss 'lest, diketahui bahwa campuran Porous Asphalt dengan penambahan karet ban luar bekas memiliki nilai stabilitas yang tidak begitu berbeda dibandingkan dengan campuran aspal porous normal. Hasil Cantabro Sacttering Loss lesi membuktikan bahwa pemakaian bahan karet ban luar bekas ternyata mampu menekan nilai abrasi yang terdapat pada kadar aspal optimum menjadi lebih kecil dibandingkan dengan campuran aspal porous normal. Hal ini menunjukkan penggantian sebagian aspal dengan karet ban luar bekas 'dapat dilakukan dan telah memenuhi spesifikasi yang telah dianjurkan oleh Taiyu Kensetsu. Kata kunci : curah hujan, aspal, karet ban luar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: curah hujan, aspal, karet ban luar
Subjects: Q Science > Q Science (General) > Q1-295 General
Divisions: 03-Faculty of Engineering > 22201-Civil Engineering (S1)
Depositing User: Mrs. Elly Suryani
Date Deposited: 16 Feb 2023 03:39
Last Modified: 16 Feb 2023 03:39
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/89568

Actions (login required)

View Item View Item