Similarity of Analisis Fatigue Poros Pompa Vakum

Chandra, Hendri and Basri, Hasan (2023) Similarity of Analisis Fatigue Poros Pompa Vakum. Ithenticate Universitas sriwijaya. (Submitted)

[thumbnail of ithenticate ANALISIS_FATIGUE_POROS_POMPA_VAKUM.pdf]
Preview
Text
ithenticate ANALISIS_FATIGUE_POROS_POMPA_VAKUM.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari peneltian ini adalah untuk mengalisis fatibue/kelelahan bahan yang terjadi pada sebuah poros pompa vakum pada suatu pabrik gula. Kegagalan/kerusakan poros tersebut berupa patah menjadi dua bagian yang terjadi pada bagian dimana mur pengikat impeller yang mengalami proses pengelasan. Pengelasan yang dilakukan antara poros dan mur dumaksudkan agar impeller terpasang lebih kuat. Metode yang dilakukan adalah dengan melakukan pemeriksaan visual, pemeriksaan fraktografi, pemeriksaan metallografi dan pemeriksaan kekerasan. Kesimpulan menunjukkan bahwa kerusakan poros tersebut disebabkan oleh fatigue/kelelahan bahan yang dipicu oleh kesalahan operator didalam melakukan proses pengelasan pada mur pengikat ke poros yang mengakibatkan proses penggetasan pada poros akibat terjadinya perubahan fasa getas martensit pada permukaan poros. Akibat dari pengelasan tersebut muncul juga cacat las yang menjadi pemicu awal kerusakan sebagai awal dari awal retak. Dengan adanya beban fatigue maka terjadilah perambatan retak yang ditunjukkan dengan adanya beach mark dan striasi.

Item Type: Other
Subjects: #3 Repository of Lecturer Academic Credit Systems (TPAK) > Results of Ithenticate Plagiarism and Similarity Checker
Divisions: 03-Faculty of Engineering > 21201-Mechanical Engineering (S1)
Depositing User: Dr. Ir. Hendri Chandra
Date Deposited: 15 Feb 2023 15:49
Last Modified: 15 Feb 2023 15:49
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/89588

Actions (login required)

View Item View Item