Similarity of Studi Geokimia Batuan Beku Andesit Berdasarkan XRD Desa Karang Jaya, Musi Rawas Sumatera Selatan

Falisa, Falisa and Chandra, Hendri and Harnani, Harnani (2020) Similarity of Studi Geokimia Batuan Beku Andesit Berdasarkan XRD Desa Karang Jaya, Musi Rawas Sumatera Selatan. Ithenticate Universitas sriwijaya. (Submitted)

[thumbnail of Studi Geokimia Batuan Beku Andesit Berdasarkan XRD Desa Karang Jaya, Musi Rawas Sumatera Selatan.pdf]
Preview
Text
Studi Geokimia Batuan Beku Andesit Berdasarkan XRD Desa Karang Jaya, Musi Rawas Sumatera Selatan.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Alterasi suatu batuan ditunjukkan dengan kehadiran mineral-mineral ubahan atau mineral mineral alterasi. Mineral ubahan pada setiap jenis alterasi memiliki karakteristik yang berbeda-beda yang dapat memberikan informasi mengenai temperatur, pH serta genesa pembentukan setiap mineral. Analisis XRD merupakan metode yang dapat memberikan informasi mengenai jenis mineral yang terdapat dalam suatu material. Mekanisme kerja analisis XRD ini yakni material yang akan dianalisis XRD digerus sampai halus seperti bubuk kemudian dipreparasi lebih lanjut menjadi lebih padat dalam suatu holder kemudian holder tersebut diletakkan pada alat XRD dan diradiasi dengan Sinar X. Metode yang dipakai dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif-observatif . Maksud dan tujuan dari penelitian adalah menjelaskan karakteristik fisik dan optis mineral-mineral alterasi, Menentukan zonasi persebaran mineral alterasi berdasarkan himpunan mineral-mineral alterasi. Menjelaskan tahapan/stadia pembentukan mineral-mineral alterasi. Menentukan faktor pengontrol alterasi dan mineralisasi pada daerah penelitianPenelitian mengenai alterasi dan mineralisasi batuan di daerah ini belum pernah diteliti sehingga perlu adanya penelitian mengenai hal ini untuk mengetahui potensi sumberdaya mineral, jenis alterasi dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Berdasarkan data analisis didapat hasil batuan andesit memperlihatkan adanya indikasi alterasi propilitk.

Item Type: Other
Subjects: #3 Repository of Lecturer Academic Credit Systems (TPAK) > Results of Ithenticate Plagiarism and Similarity Checker
Divisions: 03-Faculty of Engineering > 21101-Mechanical Engineering (S2)
Depositing User: Dr. Ir. Hendri Chandra
Date Deposited: 15 Feb 2023 16:07
Last Modified: 15 Feb 2023 16:07
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/89612

Actions (login required)

View Item View Item