Laporan Penelitian: Kajian Pembuatan Sumur Resapan Untuk Meminimalisir Genangan (Studi Kasus Banjir di Fakultas Ekonomi Bisnis Islam kampus UIN Raden Fatah Palembang)

Yulia Iryani, Sakura and Juliana, Imroatul Chalimah and Muhtarom, Ahmad (2019) Laporan Penelitian: Kajian Pembuatan Sumur Resapan Untuk Meminimalisir Genangan (Studi Kasus Banjir di Fakultas Ekonomi Bisnis Islam kampus UIN Raden Fatah Palembang). Documentation. Universitas Sriwijaya, Palembang. (Unpublished)

[thumbnail of Laporan Akhir Sateks Gabungan 2019.pdf]
Preview
Text
Laporan Akhir Sateks Gabungan 2019.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Permasalahan banjir atau genangan yang terjadi di Fakultas Ekonomi Bisnis Islam di Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang terjadi dalam satu tahun terakhir. Latar belakang permasalahan tersebut terjadi sejak perubahan statuta IAIN Raden Fatah menjadi UIN Raden fatah. Pembangunan terjadi cukup pesat selama 2 tahun terakhir ini di kawasan U IN Raden Fatah, dimana pembangunan beberapa fasilitas gedung dan sarana kampus lainnya dilakukan untuk mengembangkan kegiatan di kampus. Akibatnya terjadi perubahan tata guna lahan yang semula beberapa area berfungsi sebagai area resapan air kini berubah menjadi area perkerasan. Air yang seharusnya terinfiltrasi, menggenang di atas permukaan y ang menyebabkan terganggunya aktifitas kampus terutama saat banjir. Selain itu intensitas c urah hujan yang cukup tinggi saat ini juga merupakan salah satu faktor penyebab terjadinya genangan pada kawasan tersebut. Untuk mengatasi permasalahan banjir di kawasan tersebut, pada penelitian ini akan dilakukan be berapa analisis untuk mengetahui besar debit yang menyebabkan terjadinya genangan de ngan metode rasional. Pengujian permeabilitas dilakukan di laboratorium dengan menggunakan pengujian permeabilitas tinggi jatuh (falling head). Pengujian permeabilitas bertujuan untuk mengetahui kemampuan tanah meloloskan air dimana air tersebut menembus tana h melalui pori-pori tanah baik secara horizontal maupun vertikal. Besar debit dan koe fisien permeabilitas akan digukanan untuk merencanakan sumur resapan yang sesuai untuk kawasan kampus sebagai salah satu upaya untuk meminimalisir genangan di Fakultas Ekonomi Bisnis Islam di UIN Raden Fatah Palembang. Sumur resapan diharapkan mampu mempe rkecil aliran permukaan sehingga terhindar dari penggenangan aliran permukaan secara berlebihan yang menyebabkan banjir. Ha sil penelitian menunjukkan bahwa nilai permeabilitas daerah penelitian mencapai 4,32 m/ hari. Hasil perhitungan debit limpasan dari pengolahan data curah hujan adalah 35,93 m3/s. De sain dimensi sumur resapan berdasarkan hasil perhitungan didapat kedalamannya adalah 12,71 m, untuk mempermudah proses penggalian sumur resapan maka akan didesain sumur re sapan parallel sebanyak 2 buah dengan kedalaman masing – masing sumur adalah 6,35 m de ngan diameter sumur resapan adalah 1 m

Item Type: Monograph (Documentation)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA1-2040 Engineering (General). Civil engineering (General) > TA4 Other languages (not A-Z)
Divisions: 03-Faculty of Engineering > 22201-Civil Engineering (S1)
Depositing User: sakura yulia iryani
Date Deposited: 28 Feb 2023 08:09
Last Modified: 28 Feb 2023 08:09
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/89729

Actions (login required)

View Item View Item