Mahir Memproduksi Naskah Drama Siti Zubaidah Berbasis Website: Sebuah Upaya Pewarisan Budaya Lokal yang Terpinggirkan (Similarity)

Sari, Mustika Sari and Purnomo, Mulyadi Eko and Nurhayati, Nurhayati (2023) Mahir Memproduksi Naskah Drama Siti Zubaidah Berbasis Website: Sebuah Upaya Pewarisan Budaya Lokal yang Terpinggirkan (Similarity). Turnitin Universitas Sriwijaya. (Submitted)

[thumbnail of BAHAN AJAR BAHASA DAN SASTRA DI ERA MILENIAL LANGUAGE AND LITERATURE TEACHING MATERIALS IN MILENIAL ERA.pdf] Text
BAHAN AJAR BAHASA DAN SASTRA DI ERA MILENIAL LANGUAGE AND LITERATURE TEACHING MATERIALS IN MILENIAL ERA.pdf

Download (49MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan modul menulis naskah drama Siti Zubaidah berbasis website yang dapat digunakan oleh mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya. Modul yang dikembangkan berjudul Mahir Memproduksi Naskah Drama Siti Zubaidah. Penelitian ini memodifikasi model penelitian dan pengembangan Jolly dan Bolitho (dalam Tomlison, 2011) dan Dick, Carey, dan Carey (2015). Prototipe modul berbasis website hasil pengembangan terdiri dari: laman pembuka, beranda,petunjuk, tujuan, materi, soal latihan dan evaluasi, contoh naskah drama, daftar pustaka, glosarium, profil penulis, foto dokumentasi penelitian, dan rubrik penilaian. Untuk mengetahui kelayakan modul, validasi ahli dilakukan. Berdasarkan hasil validasi dari tiga aspek (kelayakan substansi isi, kebahasaan, dan desain penyajian media), modul berbasis website ini dikategorikan sangat valid. Sementara itu, tes menulis naskah drama Siti Zubaidah dilakukan sebelum dan setelah menggunakan modul. Tes awal dan tes akhir menunjukkan peningkatan yang signifikan, dari nilai rata-rata 33,50 menjadi 63,75. Dengan demikian, modul yang dikembangkan dapat meningkatkan keterampilan mahasiswa dalam menulis naskah drama Siti Zubaidah dan dapat dikategorikan efektif atau memiliki efek potensial bagi mahasiswa.

Item Type: Other
Subjects: #3 Repository of Lecturer Academic Credit Systems (TPAK) > Results of Ithenticate Plagiarism and Similarity Checker
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 88201-Indonesian Culture and Linguistics Education (S1)
Depositing User: Nurhayati Nurhayati
Date Deposited: 01 Mar 2023 08:29
Last Modified: 01 Mar 2023 08:29
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/89969

Actions (login required)

View Item View Item