Pelaksanaan Pembelajaran Membaca Permulaan (Studi Etnografi di Sekolah Dasar Puncak Sekuning Palembang) (Similarity)

Dwinanda, Meyrizka and Nurhayati, Nurhayati and Soetopo, Sungkowo (2023) Pelaksanaan Pembelajaran Membaca Permulaan (Studi Etnografi di Sekolah Dasar Puncak Sekuning Palembang) (Similarity). Turnitin Universitas Sriwijaya. (Submitted)

[thumbnail of PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MEMBACA PERMULAAN (STUDI ETNOGRAFI DI SEKOLAH DASAR PUNCAK SEKUNING PALEMBANG).pdf] Text
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MEMBACA PERMULAAN (STUDI ETNOGRAFI DI SEKOLAH DASAR PUNCAK SEKUNING PALEMBANG).pdf - Other

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan (1) proses kegiatan belajar mengajar keterampilan membaca permulaan di SD Puncak Sekuning Palembang mencakup tahap kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup; (2) faktor pendukung dan penghambat membaca permulaan terhadap siswa kelas II SD Puncak Sekuning Palembang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode etnografi. Hasil penelitian menunjukkan pada kegiatan pendahuluan guru melaksanaakan tugas rutin kelas dengan memeriksa ketersediaan alat tulis, kebersihan kelas, mengecek daftar hadir dan melakukan apersepsi. Pada pendahuluan, topik membaca permulaan terlihat pada saat apersepsi. Kegiatan inti pembelajaran guru menjelaskan tujuan pembelajaran. Guru dapat mengatur dan memanfaatkan waktu belajar secara optimal serta selalu memberikan penguatan nonverbal. Guru mengajarkan membaca permulaan dengan menerapkan metode mimicry yaitu mencontohkan kemudian anak menirukan. Kemudian menerapkan pembelajaran Reading Aloud dan Round Robin serta melakukan pengulangan dalam setiap teks yang dibaca. Demi memberi kelancaran membaca, guru menerapkan metode tutor personal. Metode ini merupakan pengajaran secara individu terhadap siswa. Pada kegiatan penutupan, guru hanya beberapa kali saja melakukan review dan tidak pernah melakukan evaluasi terhadap proses interaksi edukasi yang baru saja dilakukan. Pada penutup, topik membaca permulaan terlihat pada saat review. Faktor pendukung membaca permulaan ialah (1) lingkungan yang mendukung; (2) memiliki contoh untuk ditiru anak; (3) memiliki buku/bahan bacaan lebih dari satu; (4) memiliki motivasi yang tinggi dan reward; (5) penerapan metode tutor personal. Faktor penghambat dalam membaca permulaan ialah (1) faktor fisiologis; (2) minat baca siswa yang rendah; (3) tidak memiliki buku; (4) lingkungan kurang mendukung; (5) jumlah siswa terlalu banyak.

Item Type: Other
Subjects: #3 Repository of Lecturer Academic Credit Systems (TPAK) > Results of Ithenticate Plagiarism and Similarity Checker
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 88201-Indonesian Culture and Linguistics Education (S1)
Depositing User: Nurhayati Nurhayati
Date Deposited: 09 Mar 2023 22:48
Last Modified: 09 Mar 2023 22:48
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/89982

Actions (login required)

View Item View Item