Pengaruh Metode REAP (Read, Encode, Annotate, Ponder) terhadap Kemampuan Memahami Tajuk Rencana (Similarity)

Hardayanti, Rika and Nurhayati, Nurhayati and Alwi, Zahra (2023) Pengaruh Metode REAP (Read, Encode, Annotate, Ponder) terhadap Kemampuan Memahami Tajuk Rencana (Similarity). Turnitin Universitas Sriwijaya. (Submitted)

[thumbnail of PENGARUH METODE REAP (READ, ENCODE, ANNOTATE, PONDER) TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI TAJUK RENCANA.pdf] Text
PENGARUH METODE REAP (READ, ENCODE, ANNOTATE, PONDER) TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI TAJUK RENCANA.pdf - Other

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh metode REAP (Read, Encode, Annotate, Ponder) terhadap kemampuan memahami teks tajuk rencana siswa kelas XI SMA Negeri 1 Indralaya Selatan Kabupaten Ogan Ilir. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen semu. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas XI IPA.1 yang berjumlah 35 siswa sebagai kelas eksperimen dengan perlakuan metode REAP dan kelas XI IPA.2 yang berjumlah 36 siswa sebagai kelas kontrol dengan perlakuan metode konvensional. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan teknik pengelolahan data menggunakan perhitungan uji-t dengan program SPSS 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil tes antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Nilai rata-rata tes awal kelas eksperimen sebesar 59,34 dan tes akhir sebesar 76,11 sedangkan hasil tes awal kelas kontrol sebesar 59,39 dan tes akhir sebesar 68,36. Hal ini menunjukkan terjadi peningkatan sebesar 16,77 pada kelas eksperimen dan sebesar 8,97 pada kelas kontrol. Hasil analisis data dengan uji-t menunjukkan bahwa t hitung> t tabel atau 3,515 > 1,995 dengan df =69 pada tingkat signifikansi 95% (α = 0,025). Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan memahami teks tajuk rencana siswa kelas XI SMA Negeri 1 Indralaya Selatan Kabupaten Ogan Ilir. Dengan demikian, Ha yang berbunyi “Ada perbedaan antara kemampuan siswa yang diajar dengan metode REAP dan siswa yang diajar dengan motode konvensional dalam pembelajaran memahami teks tajuk rencana (μ1 ≠ μ2)” diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa metode REAP lebih berpengaruh terhadap kemampuan memahami teks tajuk rencana siswa kelas XI SMA Negeri 1 Indralaya Selatan Kabupaten Ogan Ilir.

Item Type: Other
Subjects: #3 Repository of Lecturer Academic Credit Systems (TPAK) > Results of Ithenticate Plagiarism and Similarity Checker
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 88201-Indonesian Culture and Linguistics Education (S1)
Depositing User: Nurhayati Nurhayati
Date Deposited: 09 Mar 2023 22:48
Last Modified: 09 Mar 2023 22:48
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/89986

Actions (login required)

View Item View Item