Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Menyimak Berbasis Kearifan Lokal (Similarity)

Reznani, Nur Shabrina and Nurhayati, Nurhayati and Soetopo, Sungkowo (2023) Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Menyimak Berbasis Kearifan Lokal (Similarity). Turnitin Universitas Sriwijaya. (Submitted)

[thumbnail of PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATA KULIAH MENYIMAK BERBASIS KEARIFAN LOKAL.pdf] Text
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATA KULIAH MENYIMAK BERBASIS KEARIFAN LOKAL.pdf - Other

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berbentuk modul menyimak berbasis budaya lokal yang dapat digunakan oleh mahasiswa di Universitas Baturaja. Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan. Penelitian ini memodifikasi model pengembangan Borg, Gall dan Gall serta Dick, Carey, dan Carey menjadi lima langkah, yaitu pengumpulan informasi, penyusunan bahan ajar, validasi bahan ajar, evaluasi bahan ajar, dan deskripsi hasil evaluasi bahan ajar. Untuk mengetahui kepraktisan dan keefektivan modul, dilakukan uji validasi oleh ahli dan tiga tahap evaluasi formatif menggunakan angket, wawancara dan lembar penilaian. Berdasarkan hasil validasi yang dilakukan dari tiga aspek, yaitu kelayakan isi/materi dan penyajian, kebahasaan, dan kegrafikaan, modul dikategorikan valid. Berdasarkan uji kepraktisan melalui evaluasi orang per orang (one to one evaluation) dan uji coba kelompok (Small Group) pada mahasiswa modul dikategorikan sangat praktis. Selanjutnya berdasarkan uji efek potensial melalui field test modul berpengaruh dan terdapat peningkatan rata-rata sebesar 9,1 terhadap keterampilan menyimak mahasiswa.

Item Type: Other
Subjects: #3 Repository of Lecturer Academic Credit Systems (TPAK) > Results of Ithenticate Plagiarism and Similarity Checker
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 88201-Indonesian Culture and Linguistics Education (S1)
Depositing User: Nurhayati Nurhayati
Date Deposited: 01 Mar 2023 08:29
Last Modified: 01 Mar 2023 08:29
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/89991

Actions (login required)

View Item View Item