Seni Pertunjukkan DulMuluk: Upaya Pelibatan Budaya Lokal dalam Pembelajaran Sastra (Similarity)

Nurhayati, Nurhayati and Purnomo, Mulyadi Eko and Subadiyono, Subadiyono (2023) Seni Pertunjukkan DulMuluk: Upaya Pelibatan Budaya Lokal dalam Pembelajaran Sastra (Similarity). Turnitin Universitas Sriwijaya. (Submitted)

[thumbnail of SENI PERTUNJUKAN DULMULUK_ UPAYA PELIBATAN BUDAYA LOKAL DALAM PEMBELAJARAN SASTRA.pdf] Text
SENI PERTUNJUKAN DULMULUK_ UPAYA PELIBATAN BUDAYA LOKAL DALAM PEMBELAJARAN SASTRA.pdf - Other

Download (2MB)

Abstract

Seni pertunjukan Dulmuluk (Dulmuluk) merupakan salah satu warisan budaya lokal Kota Palembang. Sebagai warisan budaya lokal yang tentu saja mengandung kearifan lokal, Dulmuluk perlu dimanfaatkan dan dipergunakan sebagai materi pelajaran. Terlebih-lebih lagi Dulmuluk perlu adanya upaya pelestarian dan revitalisasi agar tidak tenggelam di masyarakatnya. Tulisan ini membicarakan pentingnya pelibatan budaya lokal khususnya Dulmuluk ke dalam Mata Kuliah Sanggar Sastra pada Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni FKIP Unsri. Masuknya Dulmuluk sebagai salah satu budaya lokal Palembang didasari oleh berbagai pertimbangan. Pertama, salah satu cara yang paling efektif dan efisien dalam mempertahankan Dulmuluk ialah melalui proses pembelajaran (mata kuliah). Kedua, sebagai bentuk tanggung jawab penulis kepada mahasiswa calon guru dalam peneguhan jati diri dan pembangunan karakter bangsa. Ketiga, dalam rangka membantu Pemerintah Daerah Palembang melindungi warisan budaya. Tulisan ini juga membicarakan praktik perkuliahan Mata Kuliah Sanggar Sastra dengan memasukkan Dulmuluk mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasinya. Diharapkan dengan memasukkan Dulmuluk sebagai materi pelajaran dalam Mata Kuliah Sanggar Sastra, apresiasi masyarakat Palembang khususnya dan Sumatera Selatan umumnya terhadap Dulmuluk akan meningkat.

Item Type: Other
Subjects: #3 Repository of Lecturer Academic Credit Systems (TPAK) > Results of Ithenticate Plagiarism and Similarity Checker
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 88201-Indonesian Culture and Linguistics Education (S1)
Depositing User: Nurhayati Nurhayati
Date Deposited: 01 Mar 2023 08:38
Last Modified: 01 Mar 2023 08:38
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/90009

Actions (login required)

View Item View Item