ANALISIS PERBANDINGAN PERILAKU KONSUMEN DAN STRATEGI PEMASARAN SAYURAN PADA PASAR MODEREN DAN PASAR TRADISIONAL DI KOTA PALEMBANG

MARDIANA, MARDIANA and Yamin, Muhammad and Antoni, Mirza (2007) ANALISIS PERBANDINGAN PERILAKU KONSUMEN DAN STRATEGI PEMASARAN SAYURAN PADA PASAR MODEREN DAN PASAR TRADISIONAL DI KOTA PALEMBANG. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_54201_05033104007.pdf] Text
RAMA_54201_05033104007.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (40MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_54201_05033104007_0007076603_01_front_ref.pdf] Text
RAMA_54201_05033104007_0007076603_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (8MB)
[thumbnail of RAMA_54201_05033104007_0007076603_02.pdf] Text
RAMA_54201_05033104007_0007076603_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (9MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_54201_05033104007_0007076603_03.pdf] Text
RAMA_54201_05033104007_0007076603_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_54201_05033104007_0007076603_04.pdf] Text
RAMA_54201_05033104007_0007076603_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (16MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_54201_05033104007_0007076603_05.pdf] Text
RAMA_54201_05033104007_0007076603_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (803kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_54201_05033104007_0007076603_06_ref.pdf] Text
RAMA_54201_05033104007_0007076603_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (603kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_54201_05033104007_0007076603_07_lamp.pdf] Text
RAMA_54201_05033104007_0007076603_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi perbedaan keputusan konsumen dalam pembelian sayuran di pasar moderen dan pasar tradisional di Kota Palembang, 2) mengidentifikasi strategi pemasaran apa saja yang dilakukan pengecer pada pasar moderen dan pasar tradisional di Kota Palembang, serta 3) mendeskripsikan saluaran tataniaga asal sayuran yang diperdagangkan di pasar moderen dan pasar tradisional. Metode penelitian yang digunakan adalah metode studi kasus kepada pedagang pengecer dengan teknik indepth dimana Hypermart merupakan objek yang berdiri sendiri, sedangkan pedagang pengecer Pasar Cinde dan Lemabang merupakan sampel yang merupakan satu kesatuan. Metode penarikan contoh dilakukan secara sengaja kepada konsumen sayuran dengan teknik insindentil. Data yang dikumpulkan berupa data primer dan data sekunder. Pengumpulan data dilakukan selama tiga bulan yaitu pada bulan Maret hingga Mei 2007. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi nyata keputusan konsumen apakah berbelanja di pasar moderen atau di pasar tradisional adalah pedapatan keluarga, tingkat pendidikan konsumen, konsumen dan jarak dari rumah ke pasar, sedangkan fasilitas ke pasar berpengaruh tidak nyata. Strategi pemasaran sayuran yang dilakukan pasar moderen Hypermart yaitu melalui kemasan pada sayuran wortel, kentang, jagung, kol putih, sawi putih, kol bunga. Melalui kualitas pada sayuran wortel, kentang, jagung, kol putih, sawi putih, kol bunga dan caisim. Sistem penetapan harga jual dikontrol perusahaan, system pembayaran secara tunai dan tidak tunai. Tempat pemasaran berupa planogram dan kegiatan promosi melalui media televisi, surat kabar, spanduk, katalog, instore promo dan comcek. Strategi pemasaran sayuran yang dilakukan pasar tradisional Cinde dan Lemabang yaitu melalui kualitas pada sayuran wortel, kentang, jagung, kol putih, sawi putih, kol bunga dan caisim. Sistem penetapan harga jual berdasarkan mekanisme pasar. Sistem pembayaran secara tunai dan tidak tunai. Kemasan, tempat pemasaran dan kegiatan promosi belum dilakukan pada pasar tradisional Cinde dan Lemabang. Asal sayuran yang diperdagangkan pada pasar Moderen Hypermart adalah dari supplayer lokal yaitu sayuran asal Kenten, Pasar Jakabaring, Pagaralam, Bandung dan dari gudang Hypermart di Cibitung. Asal sayuran pedagang pengecer Pasar Cinde adalah dari Pasar Jakabaring dan Pasar Soak Bato, sedangkan asal sayuran yang diperdagangkan pengecer Pasar Lemabang adalah dari Pasar Jakabaring dan Pagaralam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Perilaku Konsumen, Pemasaran Sayuran
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General) > S560-571.5 Farm economics. Farm management. Agricultural mathematics. Including production standards, record keeping, farmwork rates, marketing
Divisions: 05-Faculty of Agriculture > 54201-Agribusiness (S1)
Depositing User: Mr Halim Sobri
Date Deposited: 27 Feb 2023 08:58
Last Modified: 27 Feb 2023 08:58
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/90065

Actions (login required)

View Item View Item