NATALIA, BETA and Hakim, Maryati Mustofa and Antoni, Mirza (2007) ANALISIS PEMASARAN PISANG DARI PEDAGANG PENGUMPUL SAMPAI PENGECER DI PASAR TRADISIONAL KOTA PALEMBANG. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Text
RAMA_54201_05033104008.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (35MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_54201_05033104008_9990047746_0007076603_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (10MB) |
|
Text
RAMA_54201_05033104008_9990047746_0007076603_02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (9MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_54201_05033104008_9990047746_0007076603_03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_54201_05033104008_9990047746_0007076603_04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (8MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_54201_05033104008_9990047746_0007076603_05.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (635kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_54201_05033104008_9990047746_0007076603_06_ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (677kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_54201_05033104008_9990047746_0007076603_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan saluran pemasaran yang teijadi dalam pemasaran pisang di Kota Palembang, (2) mendeskripsikan fungsi-fungsi pemasaran apa saja yang diterapkan oleh lembaga pemasaran pisang di Kota Palembang, dan (3) menghitung tingkat efisiensi pemasaran dilihat dari maijin pemasaran, keuntungan pemasaran, efisiensi pemasaran masing-masing Lembaga pemasaran, dan farmer ’s share. Penelitian ini dilaksanakan di pasar-pasar di Kota Palembang yaitu di 7 Ulu, Pasar Induk Jakabaring, Pasar Kuto, dan Pasar Lemabang selama bulan Maret sampai dengan Mei 2007. Pemilihan lokasi dilakukan secara sengaja (Purposive) dengan pertimbangan bahwa lokasi ini merupakan sentra pemasaran pisang di Kota Palembang dan dikarenakan dari pasar-pasar tersebut sudah terbentuk saluran pemasaran pisang dari tingkat pedagang pengumpul sampai tingkat pengecer di Kota Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey. Data yang dikumpulkan terdiri dari data primer dan data sekunder. Hasil penelitian saluran pemasaran pisang di Kota Palembang menunjukkan bahwa pedagang pengumpul membeli pisang kepada petani, kemudian dari pedagang pengumpul pisang disalurkan ke pedagang besar di 7 Ulu dan Pasar Induk Jakabaring, selanjutnya pedagang pengecer Pasar Lemabang membeli pisang ke pedagang besar di 7 Ulu, pedagang pengecer Pasar Kuto membeli pisang ke pedagang besar di Pasar Induk Jakabaring untuk dijual kepada konsumen akhir. Fungsi-fungsi pemasaran yang diterapkan oleh lembaga pemasaran pisang di Kota Palembang adalah fungsi pembelian, fungsi penjualan, fungsi penyimpanan, fungsi pengangkutan, fungsi standarisasi dan grading, fungsi penanggungan resiko, fungsi pembiayaan, dan fungsi informasi pasar. Maijin pemasaran pisang di tingkat pedagang pengumpul adalah Rp446,15 per Kg, di tingkat pedagang besar adalah Rp378,85 per Kg, dan di tingkat pedagang pengecer adalah Rp525,00 per Kg. Keuntungan pemasaran pisang di tingkat pedagang pengumpul adalah Rp253,29 per Kg, di tingkat pedagang besar adalah Rp331,91 per Kg, dan di tingkat pedagang pengecer adalah Rp442,56 per Kg. Efisiensi pemasaran pisang di tingkat pedagang pengumpul adalah 22,79 %, di tingkat pedagang besar adalah 3,83 %, di tingkat pedagang pengecer adalah 4,71 %, dan besarnya farmer’s share adalah 22,86 %.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemasaran Pisang |
Subjects: | S Agriculture > S Agriculture (General) > S560-571.5 Farm economics. Farm management. Agricultural mathematics. Including production standards, record keeping, farmwork rates, marketing |
Divisions: | 05-Faculty of Agriculture > 54201-Agribusiness (S1) |
Depositing User: | Mr Halim Sobri |
Date Deposited: | 09 Mar 2023 07:44 |
Last Modified: | 09 Mar 2023 07:44 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/90420 |
Actions (login required)
View Item |