PERBANDINGAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS I SMU NEGERI 2 PRABUMULIB DENGAN DAN TANPA MEDIA MOLYMOOD PADA POKOK BAHASAN ALKANA, ALKENA DAN ALKUNA

ASTUTI, KURNIA and H. K. Anom, H. K. Anom and Sukaryawan, Made (2005) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS I SMU NEGERI 2 PRABUMULIB DENGAN DAN TANPA MEDIA MOLYMOOD PADA POKOK BAHASAN ALKANA, ALKENA DAN ALKUNA. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_84204_06983133013.pdf] Text
RAMA_84204_06983133013.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (35MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84204_06983133013_0006045902_0005086502 _01_front_ref.pdf] Text
RAMA_84204_06983133013_0006045902_0005086502 _01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (6MB)
[thumbnail of RAMA_84204_06983133013_0006045902_0005086502 _02.pdf] Text
RAMA_84204_06983133013_0006045902_0005086502 _02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84204_06983133013_0006045902_0005086502 _03.pdf] Text
RAMA_84204_06983133013_0006045902_0005086502 _03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84204_06983133013_0006045902_0005086502 _04.pdf] Text
RAMA_84204_06983133013_0006045902_0005086502 _04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84204_06983133013_0006045902_0005086502 _05.pdf] Text
RAMA_84204_06983133013_0006045902_0005086502 _05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (405kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84204_06983133013_0006045902_0005086502 _06_ref.pdf] Text
RAMA_84204_06983133013_0006045902_0005086502 _06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (500kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84204_06983133013_0006045902_0005086502 _07_lamp.pdf] Text
RAMA_84204_06983133013_0006045902_0005086502 _07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (20MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berjudul “Perbandingan Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas I SMUN 2 Prabumulih dengan Media dan Tanpa Media Molymood pada Pokok Bahasan Alkana, Alkena dan Alkuna”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan data empiris bahwa hasil belajar siswa yang pembelajarannya menggunakan media molymood lebih baik dari yang tidak memakai molymood pada pokok bahasan alkana, alkena dan alkuna di SMUN 2 Prabumulih. Metode penelitian ini adalah quasi eksperimental. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas I SMUN 2 Prabumulih dan sampelnya adalah siswa kelas k sebagai kelas eksperimen dan kelas I5 sebagai kelas kontrol, teknik pengambilan sampie yaitu secara random purposif. Untuk melihat hasil belajar siswa digunakan tes essay. Selain tes juga digunakan lembar observasi untuk melihat keaktifan belajar siswa. Hasil belajar rata-rata untuk kelas eksperimen yaitu 73,36 dan untuk kelas kontrol yaitu 51,77. Dari hasil analisa didapat harga th 5,73 dan tt 1,67 dengan tarap kepercayaan 95%. Dari hasil observasi didapat rata-rata keaktifan belajar siswa untuk kelas eksperimen yaitu 82,52% yang berarti tingkat keaktifan belajar siswa tinggi dan kelas kontrol yaitu 74,71% yang berarti tingkat keaktifan belajar siswa sedang. Dilihat dari nilai rata-rata tersebut bahwa nilai rata-rata siswa dengan pembelajaran menggunakan molymood lebih besar dari hasil belajar siswa tanpa menggunakan molymood Dari hasil tersebut dapat disimpulkan ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kimia siswa dengan pembelajaran menggunakan molymood dan tanpa molymood, dan keaktifan belajar siswa untuk kelas eksperimen - juga jauh lebih tinggi dibandingkan keaktifan belajar siswa untuk kelas kontrol. Kata kunci : Media Molymood, Alkana, Alkena, Alkuna, Quasi eksperimental

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Molymood, Alkana, Alkena, Alkuna, Quasi eksperimental
Subjects: Q Science > QD Chemistry > QD1-999 Chemistry
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 84204-Chemistry Education (S1)
Depositing User: Mrs. Elly Suryani
Date Deposited: 15 Mar 2023 02:20
Last Modified: 15 Mar 2023 02:20
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/90471

Actions (login required)

View Item View Item