RESTUTI, DESSY and Sukaryawan, Made and Gulo, Fakhili (2005) PENGARUH PENDEKATAN STARTER EXPERIMENT (PERCOBAAN PEMBUKA) BERBASIS KONSTRUKTIVISME TERHADAP BELAJAR KIMIA SISWA PADA POKOK BAHASAN KESETIMBANGAN KIMIA DI KELAS XIS MA NEGERI 3 PALEMBANG. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Text
RAMA_84204_06993133014.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (51MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84204_06993133014_0005086502_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (7MB) |
|
Text
RAMA_84204_06993133014_0005086502_02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (5MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84204_06993133014_0005086502_03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84204_06993133014_0005086502_04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (7MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84204_06993133014_0005086502_05.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (844kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84204_06993133014_0005086502_6_ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (933kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84204_06993133014_0005086502_7_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (28MB) | Request a copy |
Abstract
Pengaruh pendekatan starter experiment berbasis konstruktivisme terhadap hasil belajar kimia siswa kelas XI SMAN 3 Palembang telah diteliti dengan menggunakan metode eksperimen semu. Data ini dikumpulkan melalui tes dan observasi dan dianalisis dengan uji Independent Sample T-test menggunakan SPSS for Windows relese 10.0. Dari hasil penelitian diperoleh data peningkatan skor ratarata hasil belajar siswa kelas eksperimen sebesar 62,04 sedangkan peningkatan skor rata-rata hasil belajar siswa kelas kontrol sebesar 52,71. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar kimia siswa yang diajarkan menggunakan pendekatan starter experiment berbasis konstruktivisme lebih baik bila dibandingkan dengan yang tidak menggunakan pendekatan starter experiment berbasis konstruktivisme pada pokok bahasan kesetimbangan kimia. Hal ini ditunjukkan dari analisis uji t yang menghasilkan thinmg = 3,717, lebih besar daripada ttabci ao.os - 1,986. Kata kunci: Pendekatan starter experiment, konstruktivisme, hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendekatan starter experiment, konstruktivisme, hasil belajar. |
Subjects: | Q Science > QD Chemistry > QD1-999 Chemistry |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 84204-Chemistry Education (S1) |
Depositing User: | Mrs. Elly Suryani |
Date Deposited: | 15 Mar 2023 03:01 |
Last Modified: | 15 Mar 2023 03:01 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/90524 |
Actions (login required)
View Item |