PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) MENULIS CERPEN BERBASIS APLIKASI ANDROID (Similarity)

Diani, Dini Rahma and Nurhayati, Nurhayati and Suhendi, Didi (2023) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) MENULIS CERPEN BERBASIS APLIKASI ANDROID (Similarity). Turnitin Universitas Sriwijaya. (Submitted)

[thumbnail of Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Menulis Cerpen Berbasis Aplikasi Android.pdf] Text
Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Menulis Cerpen Berbasis Aplikasi Android.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis aplikasi android yang valid, praktis dan efektif untuk materi menulis cerpen pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian pengembangan didesain dengan menggunakan metode penelitian modifikasi dan kolaborasi teori pengembangan yang dikemukakan oleh Jolly Bolitho, Dick, Carey dan Carey (2005). Kerangka LKPD ini terdiri dari menu beranda, materi, latihan, kriteria penilaian, dan pengembangan. Untuk memperoleh informasi kelayakan LKPD, dilakukan validasi ahli yang meliputi aspek kelayakan materi, bahasa, dan media. Untuk menguji kepraktisan LKPD dilakukan uji coba satu-satu dan kelompok kecil dengan teknik pengumpulan data melalui angket. Terakhir, untuk mengetahui keefektifan LKPD dilakukan uji coba lapangan melalui eksperimen dengan teknik pengumpulan data menggunakan tes. Berdasarkan analisis data dapat disimpulakan bahwa LKPD menulis cerpen yang dikembangkan sangat valid sangat praktis dan sangat efektif menjadi fasilitas pembelajaran peserta didik. LKPD yang dihasilkan dapat digunakan sebagai bahan ajar untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran menulis cerpen.

Item Type: Other
Subjects: #3 Repository of Lecturer Academic Credit Systems (TPAK) > Results of Ithenticate Plagiarism and Similarity Checker
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 88201-Indonesian Culture and Linguistics Education (S1)
Depositing User: Nurhayati Nurhayati
Date Deposited: 14 Mar 2023 03:57
Last Modified: 14 Mar 2023 03:57
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/90596

Actions (login required)

View Item View Item