PERTIWI, SHELVI and Yunita, Yunita and Elysa P, Nurilla (2014) ANALISIS MEKANISME PEMBENTUKAN HARGA DAN SALURAN PEMASARAN BERAS DI DESA LUBUK SEBERUK KECAMATAN LEMPUING JAYA KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Text
RAMA_54201_05101001093_0024067108_0004077805_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (11MB) |
|
Text
RAMA_54201_05101001093_0024067108_0004077805_02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (8MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_54201_05101001093_0024067108_0004077805_06_ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_54201_05101001093_0024067108_0004077805_03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_54201_05101001093.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (47MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_54201_05101001093_0024067108_0004077805_05.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (850kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_54201_05101001093_0024067108_0004077805_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (6MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_54201_05101001093_0024067108_0004077805_04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (18MB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengidentifikasi mekanisme pembentukan harga di tingkat petani, sampai ke tingkat penjualan di pasar untuk penjualan beras (2) mendeskripsikan saluran pemasaran beras (3) menganalisis berapa besar marjin pemasaran dan keuntungan yang dinikmati oleh setiap saluran pemasaran yang terlibat. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Lubuk Seberuk Kecamatan Lempuing Jaya. Pengumpulan data dilakukan dari bulan April sampai Mei 2014. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey. Jumlah sampel yang dikumpulkan sebanyak 30 petani yang diambil sebagai sampel menggunakan metode penarikan contoh acak sederhana. Sedangkan 8 sampel pedagang diambil menggunakan metode penarikan contoh snowball sampling atau metode penelusuran terdiri dari 3 pabrik penggilingan, 2 pedagang pengumpul, 1 pedagang besar dan 2 pedagang pengecer dari 3 saluran pemasaran. Data tersebut diolah secara tabulasi dan dianalisis secara matematis dan kemudian dijelaskan secara deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa mekanisme pembentukan harga beras di desa Lubuk Seberuk ditingkat petani yakni petani sebagai penerima harga (price taker) dimana harga jual ditetapkan berdasarkan ketentuan dari penggilingan pabrik penggilingan dimana penetapan harga berdasarkan harga pasar. Sedangkan pembentukan harga ditingkat Lembaga pemasaran ditetapkan oleh masing-masing lembaga pemasaran dari masing-masing saluran pemasaran yang bertindak sebagai pembuat harga {price makar) yang berorientasi pada harga pasar dan stabilisasi harga. Saluran pemasaran di desa Lubuk Seberuk terdapat tiga macam saluran pemasaran. Saluran pemasaran pertama yakni dari petani ke pabrik penggilingan lalu ke pedagang besar, pedagang pengecer dan konsumen. Saluran pemasaran kedua yakni dari petani ke pabrik penggilingan, pedagang pengumpul kecamatan, pedagang besar, pedagang pengecer dan konsumen. Saluran pemasaran kedua yakni dari petani ke pabrik penggilingan, pedagang pengumpul kabupaten, pedagang besar, pedagang pengecer dan konsumen. Marjin pemasaran beras pada masing-masing lembaga di setiap saluran pemasaran berkisar antara Rp 50 hingga Rp 1.500 dengan keuntungan berkisar antara Rp 35 hingga Rp 708 untuk masing-masing beras asalan dan merek beras. Lembaga pemasaran pada pedagang besar yang mendapatkan maijin dan keuntungan pemasaran terbesar yakni sebesar Rp 1.500, hal ini dikarenakan pedagang besar memiliki kekuatan sebagai pelaku penetap harga sehingga harga sangat dikuasai oleh pedagang besar disamping itu pedagang besar melakukan penambahan nilai jual pada produk yang mereka jual. Dengan demikian pedagang besar akan semakin meningkatkan harga jual dengan keunggulan yang mereka miliki.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemasaran Beras |
Subjects: | S Agriculture > S Agriculture (General) > S560-571.5 Farm economics. Farm management. Agricultural mathematics. Including production standards, record keeping, farmwork rates, marketing |
Divisions: | 05-Faculty of Agriculture > 54201-Agribusiness (S1) |
Depositing User: | Mr Halim Sobri |
Date Deposited: | 15 Mar 2023 08:05 |
Last Modified: | 15 Mar 2023 08:05 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/90866 |
Actions (login required)
View Item |