Nurhayati, Nurhayati and Purnomo, Mulyadi Eko and Subadiyono, Subadiyono (2023) PENGARUH ONLINE PEER EDITING BERBASIS E-LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS NASKAH DRAMA DULMULUK. In: Prosiding SEMNAS KBSP V. (Submitted)
Text
PENGARUH ONLINE PEER EDITING BERBASIS E-LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS NASKAH DRAMA DULMULUK.pdf Download (774kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan online peer editing berbasis elearning terhadap kemampuan menulis naskah drama Dulmuluk pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pre-experimental design. Penelitian menggunakan satu kelas yakni kelas Mata Kuliah Sanggar Sastra yang diikuti sejumlah 20 mahasiswa pada semester ganjil 2016/2017. Data dikumpulkan dengan tes baik tes awal maupun tes akhir. Validitas instrumen dilakukan dengan validitas isi yang melibatkan teman sejawat. Teknik penyekoran tes awal dan tes akhir dengan menggunakan triangulasi. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan uji statistik melalui program SPSS 17. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh online peer editing berbasis e-learning terhadap kemampuan menulis naskah drama Dulmuluk. Hal ini menandakan bahwa Ha yang berbunyi “Terdapat pengaruh online peer editing berbasis e-learning terhadap kemampuan menulis naskah drama Dulmuluk” diterima. Sementara itu, Ho yang berbunyi “Tidak terdapat pengaruh online peer editing berbasis e-learning terhadap kemampuan menulis naskah drama Dulmuluk” ditolak.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1600-3307 Drama |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 88201-Indonesian Culture and Linguistics Education (S1) |
Depositing User: | Nurhayati Nurhayati |
Date Deposited: | 17 Mar 2023 08:25 |
Last Modified: | 17 Mar 2023 08:25 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/90940 |
Actions (login required)
View Item |