ANALISIS STRATEGI BAURAN PEMASARAN DAN IMPLIKASINYA TERHADAP KEUNTUNGAN USAHA BENIH KELAPA SAWIT PT. BINA SAWIT MAKMUR DI KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR

ANGGRAINI, DIAN and Zahri, Imron and Antoni, Mirza (2013) ANALISIS STRATEGI BAURAN PEMASARAN DAN IMPLIKASINYA TERHADAP KEUNTUNGAN USAHA BENIH KELAPA SAWIT PT. BINA SAWIT MAKMUR DI KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_54201_05061004001_9990521926_0007076603_01_front_ref.pdf] Text
RAMA_54201_05061004001_9990521926_0007076603_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (10MB)
[thumbnail of RAMA_54201_05061004001_9990521926_0007076603_02.pdf] Text
RAMA_54201_05061004001_9990521926_0007076603_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (18MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_54201_05061004001_9990521926_0007076603_03.pdf] Text
RAMA_54201_05061004001_9990521926_0007076603_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_54201_05061004001_9990521926_0007076603_04.pdf] Text
RAMA_54201_05061004001_9990521926_0007076603_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (16MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_54201_05061004001_9990521926_0007076603_05.pdf] Text
RAMA_54201_05061004001_9990521926_0007076603_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (597kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_54201_05061004001_9990521926_0007076603_06_ref.pdf] Text
RAMA_54201_05061004001_9990521926_0007076603_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_54201_05061004001_9990521926_0007076603_07_lamp.pdf] Text
RAMA_54201_05061004001_9990521926_0007076603_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_54201_05061004001.pdf] Text
RAMA_54201_05061004001.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (49MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) Mendeskripsikan strategi bauran pemasaran 2) Mengetahui produksi dan pada saat kapan keuntungan usaha dapat tercapai 3) Menganalisis dan memberi rekomendasi strategi pengembangan pembenihan kelapa sawit di PT Bina Sawit Makmur. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus, dengan PT Bina Sawit Makmur diambil sebagai sampel dalam penelitian ini. Data yang dikumpulkan berupa data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari pengamatan langsung dilapangan dan hasil dengan pihak perusahaan. Data sekunder diperoleh dari berbagai literature dan instansi yang terkait dengan penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi bauran pemasaran yang telah dilakukan oleh PT Bina Sawit Makmur adalah dengan strategi produk, strategi harga, strategi tempat dan strategi promosi. Strategi produk yang perusahaan lakukan adalah dengan menjaga kualitas produk dan kuantitas produk serta melakukan keberagaman produk. Strategi harga yang perusahaan lakukan adalah dengan syarat kredit pembelian dan potongan harga khusus. Strategi tempat yang perusahaan lakukan adalah dengan penetapan lokasi kebun dan pemasaran yang berbeda, prosedur pembelian benih yang lebih ekslusif, dan penjualan benih tanpa melalui wawancara agen lain diluar dari perusahaan. Strategi promosi yang dipergunakan oleh perusahaan adalah dengan katalog, iklan, pameran, sponsor pendidikan, dan website. Hasil penelitian yang telah dilakukan juga dapat diketahui bahwa PT Bina Sawit Makmur mencapai keuntungan ketika jumlah produksi di atas 36.959.632 butir benih kelapa sawit dan jumlah penerimaan di atas Rp332.636.685.870,00 serta pada waktu 1,54 tahun setelah produksi yang dilakukan oleh perusahaan. Rekomendasi strategi pengembangan yang diberikan untuk perusahaan dengan menggunakan analisis SWOT. Analisis SWOT yang sesuai pada perusahaan adalah 1) Menjaga dan meningkatkan kepercayaan konsumen 2) Meningkatkan promosi di pasar global 3) Adanya prosedur verifikasi kredit yang lebih terkendali 4) Aktif berpartisipasi dalam Job Expo.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pemasaran, Usaha Benih Kelapa Sawit
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General) > S560-571.5 Farm economics. Farm management. Agricultural mathematics. Including production standards, record keeping, farmwork rates, marketing
Divisions: 05-Faculty of Agriculture > 54201-Agribusiness (S1)
Depositing User: Mr Halim Sobri
Date Deposited: 16 Mar 2023 07:48
Last Modified: 16 Mar 2023 07:48
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/90993

Actions (login required)

View Item View Item