PERMATASARI, ELFARINA and Fikri Astira, Imron and Tanzil, Gunawan (2006) ANALISA DAN DESAIN STRUKTUR PADA BANTALAN BETON KERETA API DENGAN MENGGUNAKAN PROGRAM SAP 2000. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Text
RAMA_22201_03013110060.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (44MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_22201_03013110060_9990257108_9990205282_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (5MB) |
|
Text
RAMA_22201_03013110060_9990257108_9990205282_02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (7MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_22201_03013110060_9990257108_9990205282_03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (688kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_22201_03013110060_9990257108_9990205282_04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (9MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_22201_03013110060_9990257108_9990205282_05.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (826kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_22201_03013110060_9990257108_9990205282_06_ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (192kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_22201_03013110060_9990257108_9990205282_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (20MB) | Request a copy |
Abstract
Bantalan kereta api merupakan salah satu elemen penting pada jalan kereta api karena bantalan kereta api memiliki fungsi sebagai pendukung meneruskan beban dari rel ke balas dengan bidang sebaran beban lebih luas sehingga memperkecil tekanan yang dipikul balas. Dengan kata lain bantalan kereta api berguna untuk menjaga kestabilan sepur. rel dan Dalam menganalisa dan mendesain bantalan beton kereta api diperlukan ketelitian yang baik dan perhitungan yang akurat. Seiring kemajuan dan perkembangan teknologi komputer, telah banyak dibuat Software analisis di bidang teknik sipil khususnya keahlian dibidang struktur, seperti program SAP 2000. Dalam hal ini analisa dan desain dilakukan dengan bantuan program SAP 2000 versi 9. Karena terdapatnya keterbatasan pada program tersebut, maka dilakukan perhitungan secara manual untuk beberapa parameter desain yang belum diperhitungkan oleh program tersebut. Dari hasil analisa dan desain yang dilakukan , diperoleh suatu bantalan yang memiliki spesifikasi penampang lebih kecil dibanding bantalan beton produksi Wika Beton, yaitu 419 cm2 untuk bagian railset dan 324 cm2 untuk bagian center. Bantalan beton kereta api hasil desain penulis juga memiliki persentase total kehilangan tegangan lebih kecil yaitu 19,67 % untuk bagian railset dan 24,34 % untuk bagian center. Dan berdasarkan output program SAP2000 diketahui bahwa untuk bagian railset momen yang mampu ditahan adalah sebesar 1750 kg-m dan 867 kg-m untuk bagian center. Hal ini telah memenuhi ketentuan Peraturan Dinas NO.10 PERUMKA , dengan kata lain desain bantalan beton hasil desain penulis aman untuk digunakan. Kata kunci : bantalan kereta api, kereta api, rel, program SAP 2000 versi 9
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | bantalan kereta api, kereta api, rel, program SAP 2000 versi 9 |
Subjects: | Q Science > Q Science (General) > Q1-295 General |
Divisions: | 03-Faculty of Engineering > 22201-Civil Engineering (S1) |
Depositing User: | Mrs. Elly Suryani |
Date Deposited: | 17 Mar 2023 08:34 |
Last Modified: | 17 Mar 2023 08:34 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/91028 |
Actions (login required)
View Item |