Pengembangan Model Identifikasi Penulis pada Data Bibiliografi dengan Menggunakan Deep Neural Network untuk Meningkatkan Akurasi dan Kekokohan

firdaus, firdaus (2022) Pengembangan Model Identifikasi Penulis pada Data Bibiliografi dengan Menggunakan Deep Neural Network untuk Meningkatkan Akurasi dan Kekokohan. Doctoral thesis, Universitas Sriwijaya.

[thumbnail of Lembar Pengesahan-merged.pdf] Text
Lembar Pengesahan-merged.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Dengan bertambah besarnya ukuran data bibliografi pada perpustakaan digital ilmiah, menjadi tantangan untuk mengidentifikasi nama penulis dengan benar dan menempatkan publikasi tersebut kepada mereka. Kualitas data perpustakaan digital ilmiah bergantung pada proses Author Name Disambiguation (AND). AND mungkin terjadi karena adanya beberapa penulis dengan nama yang sama (homonim) atau variasi nama yang berbeda untuk orang yang sama (sinonim). beberapa pendekatan dilakukan untuk menyelesaikan permasalahan AND. Pendekatan untuk penyelesian masalah AND terdiri dari dua pendekatan, author assignment dan author grouping. Penelitian ini menyoroti pendekatan author assignment untuk mengenali penulis sebuah publikasi. Beberapa penelitian telah dilakukan dengan menggunakan pendekatan author assignment dengan akurasi yang sangat memuaskan untuk keseluruhan data tetapi tidak terlalu memuaskan dalam recall. Dan juga sampai saat ini belum ada satupun penelitian yang membahas kinerja metode untuk masing-masing permasalahan AND, sehingga kinerja model tidak tergambar dengan baik. Untuk meningkatkan kinerja algoritma jaringan syaraf tiruan konvensional, sebuah DNN dengan lapisan yang banyak diusulkan pada penelitian ini, dimana struktur ini telah teruji untuk jumlah data yang sangat banyak. Keterbaruan dari penelitian ini adalah model identifikasi penulis dengan tingkat akurasi dan kekohan yang lebih baik. Penelitian ini menghasilkan kontribusi yang signifikan pada algoritma identifikasi penulis pada data publikasi.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75-76.95 Calculating machines > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: 03-Faculty of Engineering > 21001-Engineering Science (S3)
Depositing User: Mr Firdaus Firdaus
Date Deposited: 17 Mar 2023 15:14
Last Modified: 17 Mar 2023 15:14
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/91114

Actions (login required)

View Item View Item