Survei Kreativitas Guru Penjaskes Dalam Menghadapi Pembelajaran Secara Daring di Sekolah Menengah Pertama

Authors

  • Apriyaldi Universitas Sriwijaya, Indonesia
  • Meirizal Usra Universitas Sriwijaya, Indonesia
  • Herri Yusfi Universitas Sriwijaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31599/jces.v2i2.736

Keywords:

Kreativitas, Guru PJOK, Pembelajaran Daring, Servey

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kreativitas guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan dalam menghadapi pembelajaran secara daring mata pelajaran penjaskes (PJOK). Kreativitas diperlukan dalam melakukan sesuatu seperti proses pembelajaran, dalam proses pembelajaran kreativitas sangat diperlukan, seseorang guru yang tidak memiliki kreativitas dalam mengajar tidak mungkin menciptkan peserta didik yang kreatif dan inovatif selama proses pembelajaran. Jenis penelitian ini merupakan deskriftif kuantitatif dengan data persentase dan metode yang digunakan merupakan metode survei. Populasi penelitian ini adalah seluruh guru PJOK SMP Negeri se-Kecamatan Inderalaya Utara Kabupaten Ogan Ilir. Sampel terdiri dari kepala sekolah dan guru PJOK dengan jumlah 97 sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisisi statistik persentase dalam bentuk tabel frekuensi dan histrogram. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dari kreativitas guru PJOK dalam menghadapi pembelajaran secara daring, maka diketahui untuk persentase kreativitas guru PJOK 90,0% dan untuk pembelajaran daring 90,1% Untuk keseluruhan indikator 90,2% hasil tersebut berarti termasuk dalam kategori baik untuk kriteria persentase kreativitas guru dalam menghadapi pembelajaran secara daring.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Chan, J. F.-W., Kok, K.-H., Zhu, Z., Chu, H., To, K. K.-W., Yuan, S., & Yuen, K.-Y. (2020). Genomic characterization of the 2019 novel human-pathogenic coronavirus isolated from a patient with atypical pneumonia after visiting Wuhan. Emerging Microbes & Infections, 9(1), 221–236. https://doi.org/10.1080/22221751.2020.1719902

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89

Endah Wulantina, S. M. (2019). Persepsi Peserta Didik terhadap Metode Blended Learning dengan Google Classroom. Jurnal Inovasi Matematika. https://doi.org/10.35438/inomatika.v1i2.156

Fajar, M. (2017). Peranan Intelegensi Terhadap Perkembangan Keterampilan Fisik Motorik Peserta Didik Dalam Pendidikan Jasmani. Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 16(1), 58–66. https://doi.org/10.20527/multilateral.v16i1.3664

Firman, F., & Rahayu, S. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), 81–89. https://doi.org/10.31605/ijes.v2i2.659

Fitriyani, Y., Fauzi, I., & Sari, M. Z. (2020). Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di, 6(2), 165–175. https://doi.org/10.23917/ppd.v7i1.10973

Hakim, M., & Mulyapradana, A. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Daring dan Motivasi Belajar Terhadap Kepuasan Mahasiswa Pada Saat Pandemik Covid-19. Widya Cipta: Jurnal Sekretari Dan Manajemen. https://doi.org/10.31294/widyacipta.v4i2.8853

Hanifah Salsabila, U., Irna Sari, L., Haibati Lathif, K., Puji Lestari, A., & Ayuning, A. (2020). Peran Teknologi Dalam Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 17(2), 188–198. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v17i2.138

Herlina, Erisna, & Fitria, H. (2020). Pengembangan Kreativitas Inovatif Melalui Pembelajaran Digital. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang, 406–415. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89

Herlina, H., & Suherman, M. (2020). Potensi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan (Pjok) Di Tengah Pandemi Corona Virus Disease (Covid)-19 Di Sekolah Dasar. Tadulako Journal Sport Sciences And Physical Education, 8(1), 1–7. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/PJKR/article/view/16186

Malik, A. A., & Rubiana, I. (2019). Kemampuan Teknik Dasar Bola Basket: Studi Deskriptif Pada Mahasiswa. Journal of SPORT (Sport, Physical Education, Organization, Recreation, and Training), 3(2), 79–84. https://doi.org/10.37058/sport.v3i2.1238

Mózo, B. S. (2017). Implementasi Zoom, Google Classroom, Dan Whatsapp Group Dalam Mendukung Pembelajaran Daring (Online) Pada Mata Kuliah Bahasa Inggris Lanjut. Journal of Chemical Information and Modeling. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Pentury, H. J. (2017). Pengembangan Kreativitas Guru dalam Pembelajaran Kreatif Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Ilmu Kependidikan, 4(3), 265–272. https://doi.org/10.30998/fjik.v4i3.1923.g1574

Purnomo Adi Pratama, Budiman Agung Pratama, Setyo Harmono, & Septyaning Lusianti. (2020). Survei Implementasi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Berdasarkan Kurikulum 2013 Di SMP Se Kecamatan Kertosono. Journal Coaching Education Sports, 1(2), 63–70. https://doi.org/10.31599/jces.v1i2.334

Sahabuddin, Hakim, H., & Binsar, A. R. (2020). Analisis Kinerja Guru Pendidikan Jasmani terhadap Motor Ability dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Journal Coaching Education Sports, 1(1), 37–50. https://doi.org/10.31599/jces.v1i1.84

Susilo, A., Rumende, C. M., Pitoyo, C. W., Santoso, W. D., Yulianti, M., Sinto, R., Singh, G., Nainggolan, L., Nelwan, E. J., Khie, L., Widhani, A., Wijaya, E., Wicaksana, B., Maksum, M., Annisa, F., Jasirwan, O. M., & Yunihastuti, E. (2020). Coronavirus Disease 2019 : Tinjauan Literatur Terkini Coronavirus Disease 2019 : Review of Current Literatures. Jurnal Penyakit Dalam Indonesia, 7(1), 45–67. https://doi.org/10.7454/jpdi.v7i1.415

Waspodo, M. (2020). Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid -19 Komang. In COVID-19: Perspektif Pendidikan (Issue October, p. 220).

Wicaksono, G. H. (2019). Kreativitas Guru Penjas Terhadap Proses Pembelajaran Penjas Di Sekolah Menengah Pertama negeri Sekecamatan Kebumen Kabupaten Kebumen 2018. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 5(2), 95–100. https://doi.org/10.5281/zenodo.3342990

Widodo, A. (2018). Makna Dan Peran Pendidikan Jasmani Dalam Pembentukan Insan. Jurnal Motion, 9(1), 53–60. https://www.researchgate.net/publication/329442726_MAKNA_DAN_PERAN_PENDIDIKAN_JASMANI_DALAM_PEMBENTUKAN_INSAN_YANG_MELEK_JASMANIAHTER-LITERASI_JASMANIAHNYA

Yahya, R., Kurniawan, F., Effendi, R., Studi, P., Jasmani, P., Singaperbangsa, U., & Ronggowaluyo, J. H. S. (2020). Penggunaan Pembelajaran Cooperative Learning permainan Bola Voli Dalam Meningkatkan Hasil Passing. Journal Coaching Education Sports, 1(2), 105–114. https://doi.org/10.31599/jces.v1i2.366

Published

— Updated on 2021-11-15

How to Cite

Apriyaldi, Usra, M., & Yusfi, H. (2021). Survei Kreativitas Guru Penjaskes Dalam Menghadapi Pembelajaran Secara Daring di Sekolah Menengah Pertama. Journal Coaching Education Sports, 2(2), 151–162. https://doi.org/10.31599/jces.v2i2.736

Issue

Section

Articles