Peningkatan Hasil Belajar Lompat Jauh Melalui Alat Bantu Bola Gantung dan Lompat Kotak

Niku saputra, Niku saputra and Hartati, Hartati and Meirizal Usra, Meirizal Usra (2020) Peningkatan Hasil Belajar Lompat Jauh Melalui Alat Bantu Bola Gantung dan Lompat Kotak. IJSSC: Indonesion Journal of Sport Science and Coaching, 2 (2). pp. 64-72. ISSN 2685 - 9807

[thumbnail of 5783] Text
5783

Download (3kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui peningkatan hasil belajar lompat jauh melalui alat bantu bola gantung dan lompat kotak. Metode penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. M asing – masing siklus meliputi: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. S ubjek peneli ti ini adalah siswa kela VII di SMP Islam Al – Azhar Cairo Palembang pada semester genap tahun 2019/2020 yang berjumlah 15 orang siswa. Terdiri dari 3 siswa laki – laki dan 12 siswa perempuan. Insrtumen penelitian menggunakan tes, lembar observasi dan cata tan lapangan. Indikator kerja yang ditetapkan untuk mengukur keberhasilan atau dikatakan tuntas jika nilai hasil belajar siswa ≥80 dan ketuntasan klasikal ≥ 80%. Pada data awal peserta didik yang tuntas sebanyak 3(20%) dan peserta didik yang tidak tuntas sebanyak 12(80%), pada siklus I pertemuan 1 peserta didik yang tuntas sebanyak 6(40%) dan peserta didik yang tidak tuntas sebanyak 9(60%), pada pertemuan 2 peserta didik yang tuntas sebanyak 8(53,33%) dan peserta didik yang tidak tuntas sebanyak 7(46,66%). Pada siklus II terlihat peningkatan yang signifikan bahwa peserta didik yang tuntas pada pertemuan 1 berjumlah 11(73,33%) dan yang peserta didik tidak tuntas 4(26,66%), Pada pertemuan 2 peserta didik yang tuntas 13(86,66%) dan peserta didik yang tidak tun tas 2(13,33%). Setelah melaksanakan penerapan media modifikasi alat bola gantung dan lompat kotak dapat diambil kesimpulan bahwa ada peningkatan hasil belajar lompat jauh dilihat dari data awal siklus I dibandingkan siklus II hasil belajar peserta didik me ningkat lebih dari 80%

Item Type: Article
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV201-555 Physical education and training
Depositing User: Meirizal Usra
Date Deposited: 06 Apr 2023 09:55
Last Modified: 06 Apr 2023 09:55
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/91601

Actions (login required)

View Item View Item