ANALISIS KEUNTUNGAN DAN STRATEGI PEMASARAN BUAH LOKAL DAN BUAH IMPOR DI PASAR TRADISIONAL DAN PASAR MODERN DI KOTA PALEMBANG

HIDAYATULLAH, TEDI and Antoni, Mirza and Lifianthi, Lifianthi (2011) ANALISIS KEUNTUNGAN DAN STRATEGI PEMASARAN BUAH LOKAL DAN BUAH IMPOR DI PASAR TRADISIONAL DAN PASAR MODERN DI KOTA PALEMBANG. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_54201_05043104050_0007076603_20093601013_01_front_ref.pdf] Text
RAMA_54201_05043104050_0007076603_20093601013_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (11MB)
[thumbnail of RAMA_54201_05043104050_0007076603_20093601013_02.pdf] Text
RAMA_54201_05043104050_0007076603_20093601013_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (9MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_54201_05043104050_0007076603_20093601013_03.pdf] Text
RAMA_54201_05043104050_0007076603_20093601013_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_54201_05043104050_0007076603_20093601013_04.pdf] Text
RAMA_54201_05043104050_0007076603_20093601013_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (7MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_54201_05043104050_0007076603_20093601013_05.pdf] Text
RAMA_54201_05043104050_0007076603_20093601013_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (356kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_54201_05043104050_0007076603_20093601013_06_ref.pdf] Text
RAMA_54201_05043104050_0007076603_20093601013_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_54201_05043104050_0007076603_20093601013_07_lamp.pdf] Text
RAMA_54201_05043104050_0007076603_20093601013_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (6MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_54201_05043104050.pdf] Text
RAMA_54201_05043104050.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (37MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) mengidentifikasi jenis buah local atau impor yang paling banyak diminati konsumen di Kota Palembang, (2) mendeskripsikan strategi pemasaran yang digunakan oleh pedagang pasar tradisional dan pasar modem di Kota Palembang dalam memasarkan bebuahan lokal dan impor tersebut, (3) menghitung keuntungan yang diterima pedagang yang ada di pasar tradisional dan pasar modem di kota Palembang. Penelitian ini dilaksanakan di pasar Cinde dan pasar Hypermart Palembang Indah Mali pada bulan Juni 2011. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei. Metode ini dilakukan dengan cara wawancara dan observasi langsung ke lapangan dengan mewawancarai 13 pedagang bebuahan yang ada di pasar Cinde, sedangkan di pasar Hypermart dengan mewawancarai langsung pihak manajer di bagian penjualan bebuahan di PT. Hypermart Palembang Indah Mali (PIM) kota Palembang. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa buah lokal yang paling banyak dibeli di Pasar Cinde ke pedagang besar adalah jeruk brastagi sebanyak 8.200 kg dan terjual ke konsumen sebanyak 8.200 kg. Sedangkan buah lokal yang paling sedikit dibeli oleh para pedagang di pasar Cinde adalah pisang udang sebanyak 280 kg. Buah impor yang paling banyak dibeli oleh para pedagang di Pasar Cinde adalah jeruk lokam sebanyak 2.900 kg. Seperti halnya jeruk brastagi, jeruk lokam juga paling sering dibeli oleh para pedagang di pasar cinde ke pedagang besar dan terjual ke konsumen sebanyak 2.500 kg. Di pasar modem Hypermart menunjukkan bahwa buah lokal yang paling banyak dibeli ke suppliemya yaitu jeruk pontianak sebesar 1.650 kg dan buah lokal yang paling sedikit dipesan yaitu pisang ambon hanya sebesar 150 kg. Sedangkan dari buah impor yang paling banyak dipesan bagian penjualan buah PT. Hypermart Palembang adalah jeruk ponkam Taiwan sebanyak 815 kg dan terjual sebanyak 815 kg dan buah impor yang paling sedikit dibeli dari supplier adalah apel fuji sun moon hanya sebesar 400 kg dan terjual 400 kg. Strategi pemasaran yang digunakan di pasar hypermart adalah strategi produk, dan strategi promosi produk, yaitu memperkenalkan buah yang akan dijual kepada masyarakat, dengan cara pemasangan spanduk dan pembagian kertas promosi yang menunjukkan diskon maupun potongan - potongan harga dengan penggunaan kartu kredit dan pelanggan akan mendapatkan potongan harga ataupun diskon sebesar 10%. Strategi pemasaran yang digunakan oleh pedagang-pedagang buah yang ada di pasar Cinde berdasarkan wawancara langsung adalah strategi harga, dengan cara menjual buah dengan harga yang jauh lebih murah dibandingkan di pasar modem. Rata-rata keuntungan yang didapat untuk penjualan buah di pasar cinde adalah Rpl.607.544 di bulan Juni. Dan penjualan buah PT. Hypermart keuntungan rata-rata Rp21.731.680 di bulan Juni.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pemasaran Buah, Pasar
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General) > S560-571.5 Farm economics. Farm management. Agricultural mathematics. Including production standards, record keeping, farmwork rates, marketing
Divisions: 05-Faculty of Agriculture > 54201-Agribusiness (S1)
Depositing User: Mr Halim Sobri
Date Deposited: 27 Mar 2023 01:49
Last Modified: 27 Mar 2023 01:49
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/91616

Actions (login required)

View Item View Item