PENINGKATAN KUALITAS PELATIH CABANG OLAHRAGA SEPAKBOLA DI KABUPATEN OGAN ILIR MELALUI WORKSHOP

Reza Resah Pratama, Reza Resah Pratama and Sukirno, Sukirno and Meirizal Usra, Meirizal Usra (2020) PENINGKATAN KUALITAS PELATIH CABANG OLAHRAGA SEPAKBOLA DI KABUPATEN OGAN ILIR MELALUI WORKSHOP. Jurnal Maenpo : Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, 10 (2). pp. 103-108. ISSN 2721-7175

[thumbnail of pdf] Text
pdf

Download (30kB)

Abstract

Kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) yang akan dilakukan bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelatih cabang olahraga sepak bola sebagai cabang olahraga unggulan melalui workshop, yang menekankan pada pembuatan program latihan menuju prestasi tinggi, dengan mengintegrasikan ilmu terkait. Adapun khalayak (peserta) pengabdian adalah para pelatih cabang olahraga sepak bola sebanyak 30 orang yang dipersipkan oleh PSSI Kabupaten Ogan Ilir. Model kegiatan berupa penyuluhan/penataran, sedangkan metode dilakukan melalui ceramah, diskusi, tanya jawab dan demonstrasi (praktik) pembuatan program latihan. Hasil dari kegiatan ini menunjukan ada peningkatan SDM berdasarkan hasil dari tes awal dan tes akhir, dengan peningkatan sebagai berikut: angka 40 sedangkan hasi post test rata-ratanya menunjukan angka 63. Sehingga selisih antara pre test dengan post test sebesar 23, dengan selisih angka 23 berarti peningkatannya mencapai 60%. Berdasakan hasil yang dicapai para peserta panyuluhan/penataran, maka dapat disimpulkan,bahwa kegiatan penyuluhan/penataran memiliki dampak yang posistif, baik dari motivasi para pelatih dalam mengikuti kegiatan tersebut, juga terdapat peningkatan SDM yang cukup signifikan, berdasarkan hasil yang dicapai

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General)
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 85101-Sports Education (S2)
Depositing User: Meirizal Usra
Date Deposited: 06 Apr 2023 15:00
Last Modified: 06 Apr 2023 15:00
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/91713

Actions (login required)

View Item View Item