Emilya, Devi and Darmawijoyo, Darmawijoyo and Puri, Ratu Ilma Indra (2010) PENGEMBANGAN SOAL-SOAL OPEN-ENDED MATERI LINGKARAN UNTUK MENINGKATKAN PENALARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1O PALEMBANG. Jurnal Pendidikan Matematika, 4 (2). ISSN 1978-0044
Preview |
Text
2_Devi_Emilya_8-18.pdf Download (176kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) untuk menghasilkan soal-soal open-ended yang valid dan praktis pada materi lingkaran di SMP; (2) untuk melihat efek potensial soal-soal open-ended terhadap penalaran matematika siswa pada materi lingkaran di SMP. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (development research). Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII.2 SMP Negeri 10 Palembang sebanyak 35 orang. Pengumpulan data menggunakan wawancara, analisis dokumen, dan tes soal open-ended. Semua data yang dikumpulkan dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil analisis data menyimpulkan bahwa (1) penelitian ini telah menghasilkan suatu produk soal open-ended materi lingkaran untuk siswa kelas VIII SMP yang valid dan praktis. Valid tergambar dari hasil penilaian validator, dimana semua validator menyatakan sudah baik berdasarkan content, konstruk, dan bahasa. Selain itu kevalidan soal open-ended ini tergambar setelah dilakukan analisis validasi butir soal pada siswa small group. Praktis tergambar dari hasil uji coba small group dimana sebagian besar siswa dapat menyelesaikan soal open-ended yang diberikan. (2) prototype soal open-ended yang dikembangkan memilki efek potensial yang positif terhadap penalaran siswa , hal ini terlihat dengan munculnya beragam solusi jawaban siswa, dan pada tes pertama siswa berkategori baik dan sangat baik berjumlah 29 siswa, sedangkan pada tes kedua siswa berkategori baik dan sangat baik berjumlah 26 siswa.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penelitian Pengembangan, Soal Open-Ended, Lingkaran |
Subjects: | L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education Q Science > Q Science (General) > Q1-295 General Q Science > QA Mathematics > QA1-43 General |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 84102-Mathematics Education (S2) |
Depositing User: | Dr. Darmawijoyo Hanapi |
Date Deposited: | 02 Oct 2019 02:17 |
Last Modified: | 02 Oct 2019 02:17 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/9180 |
Actions (login required)
View Item |