PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN HYBRID BERBASIS APLIKASI OPEN BROADCASTER SOFTWARE DALAM MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMAIT HARAPAN MULIA PALEMBANG

ISLAMIA, NUR and Raharjo, Makmum and Oktarina, Santi (2023) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN HYBRID BERBASIS APLIKASI OPEN BROADCASTER SOFTWARE DALAM MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMAIT HARAPAN MULIA PALEMBANG. Masters thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_86103_06032682125008.pdf] Text
RAMA_86103_06032682125008.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (49MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86103_06032682125008_TURNITIN.pdf] Text
RAMA_86103_06032682125008_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (76MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86103_06032682125008_0023017003_0001108001_01_front_ref.pdf] Text
RAMA_86103_06032682125008_0023017003_0001108001_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB)
[thumbnail of RAMA_86103_06032682125008_0023017003_0001108001_02.pdf] Text
RAMA_86103_06032682125008_0023017003_0001108001_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (379kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86103_06032682125008_0023017003_0001108001_03.pdf] Text
RAMA_86103_06032682125008_0023017003_0001108001_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (485kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86103_06032682125008_0023017003_0001108001_04.pdf] Text
RAMA_86103_06032682125008_0023017003_0001108001_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86103_06032682125008_0023017003_0001108001_05.pdf] Text
RAMA_86103_06032682125008_0023017003_0001108001_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (62kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86103_06032682125008_0023017003_0001108001_06_ref.pdf] Text
RAMA_86103_06032682125008_0023017003_0001108001_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (195kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86103_06032682125008_0023017003_0001108001_07_lamp.pdf] Text
RAMA_86103_06032682125008_0023017003_0001108001_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (45MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari Penelitian ini adalah mengasilkan Model Pembelajaran Hybrid berbasis Open Broadcaster Software (OBS) yang sesuai kebutuhan peserta didik dan dirancang sedemikian rupa sehingga menghasilkan model pembelajaran yang valid, praktis dan efektif bagi hasil belajar peserta didik. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X IPS di SMAIT Harapan Mulia Palembang. Model penembangan yang digunakan yaitu Instructional Development Institute (IDI) yang dikombinasikan dengan Formative Evaluation. Prosedur penelitian ini terdiri dari 3 tahap yaitu penentuan (define), pengembangan (develop), dan penilaian (evaluate). Ketiga tahapan tersebut dihubungkan dengan umpan balik untuk mengadakan revisi yang digabungkan dengan metode Formative Evaluation dalam penilaian prototype. Analisis data dilakukan dengan angket, wawancara, dan tes serta studi dokumentasi. Maka didapatkan hasil bahwa peserta didik membutuhkan pembelajaran yang dapat digunakan dalam pembelajaran hybrid. Rancangan Model Pembelajaran Hybrid berbasis Aplikasi OBS dilakukan dengan menentukan tujuan pembelajaran hingga penyusunan prototype. Berdasarkan hasil Expert Review (validasi ahli) yang dilakukan penilaian dari skor ahli media didapatkan rata-rata hasil validasi sebesar 83% dengan kategori Valid. Pada uji praktis dari Small Group menggasilkan rerata persentase kepraktisan sebesar 88% dengan kategori sangat praktis. Untuk rerata dari hasil post test sebesar 62% nilai N-Gain 0,62 dengan kategori sedang dan memiliki efek potensial serta terjadi peningkatan hasil belajar pada peserta didik sebesar 27%. Yang berarti Model Pembelajaran Hybrid berbasis Aplikasi OBS memiliki efek potensial dan efektif. Kata Kunci : Model Pembelajaran Hybrid, OBS, PBL

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Hybrid Learning, Problem Based Learning, Open Broadcaster Software
Subjects: L Education > L Education (General) > L101 Yearbooks
L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education > LC1049-1049.8 Cooperative education
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 86103-Educational Technology (S2)
Depositing User: Nur Islamia
Date Deposited: 10 Apr 2023 04:30
Last Modified: 10 Apr 2023 04:30
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/91852

Actions (login required)

View Item View Item