PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA, DAN KESEHATAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KESEGARAN JASMANI

Bayu, Wahyu Indra (2015) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA, DAN KESEHATAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KESEGARAN JASMANI. Universitas Negeri Semarang. (Unpublished)

[thumbnail of Disertasi Wahyu Indra Bayu] Other (Disertasi Wahyu Indra Bayu)
WIB_Final Disertasi 2.pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini berfokus pada mata pelajaran pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan (PJOK) dengan tema khusus untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kesegaran jasmani peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan model pembelajaran PJOK yang mempunyai implikasi terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis dan kesegaran jasmani. Metode penelitian ini tergolong penelitian pengembangan yang ditindaklanjuti dengan ujicoba menggunakan desain eksperimen (pretest and posttest design). Subjek penelitian adalah peserta didik kelas IV Sekolah Dasar di Jombang (SDN Sumobito I, SDN Sumobito III, dan SDN Talunkidul I) dan Sidoarjo (SDN Sepanjang II, SDN Kedungturi, SDN Sambibulu, SDN Wonocolo II, dan SDN Geluran III). Hasil penelitian telah menghasilkan model PBK-KJ untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kesegaran jasmani peserta didik. Model pembelajaran inovatif yang telah dikembangkan dan diujicobakan telah menghasilkan sintaks/langkah-langkah pembelajaran yang diyakini mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kesegaran jasmani peserta didik dengan mengikuti langkah-langkah pembelajaran sebagai berikut: (a) persiapan guru PJOK sebelum pembelajaran; (b) pendahuluan dengan pola P-A-L-T-P, yaitu: presensi, apersepsi, menyampaikan ruang lingkup pembelajaran, menyampaikan tujuan pembelajaran, dan pemanasan; (c) kegiatan inti dengan pola T-M-F-P, yaitu: pemberian tugas gerak menggunakan model circuit learning, memonitor tugas gerak, feedback, dan peer observation; (d) penutup dengan pola P-R-E-A-L, yaitu: pendinginan, refleksi pengalaman peserta didik, evaluasi proses dan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan teknik authentic assessment dan self assessment, apresiasi, dan tindak lanjut. Simpulan dari penelitian ini adalah telah dihasilkan sebuah model pembelajaran inovatif yang diyakini dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kesegaran jasmani peserta didik. Dari hasil ujicoba model pembelajaran tersebut, kemampuan berpikir kritis peserta didik mengalami peningkatan yang signifikan setelah mengimplementasikan model PBK-KJ. Sedangkan untuk kesegaran jasmani peserta didik, meskipun ada beberapa komponen yang tidak mengalami peningkatan, tetapi secara umum tingkat kesegaran jasmani peserta didik mengalami peningkatan yang signifikan setelah mengimplementasikan model PBK-KJ.

Item Type: Other
Subjects: L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General)
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 85101-Sports Education (S2)
Depositing User: Dr. S2 Pendidikan Olahraga Universitas Sriwijaya
Date Deposited: 30 Mar 2023 13:26
Last Modified: 30 Mar 2023 13:26
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/92056

Actions (login required)

View Item View Item