Evaluasi Kinerja Pengelola Program Tuberculosis Dalam Penemuan Kasus

Lismayoni, Lismayoni and Misnaniarti, Misnaniarti and Hasyim, Hamzah (2022) Evaluasi Kinerja Pengelola Program Tuberculosis Dalam Penemuan Kasus. Jurnal Kesehatan, 13 (3). pp. 62-67. ISSN 2657-1366

[thumbnail of Evaluasi Kinerja Pengelola Program Tuberculosis Dalam Penemuan Kasus.pdf] Text
Evaluasi Kinerja Pengelola Program Tuberculosis Dalam Penemuan Kasus.pdf

Download (169kB)

Abstract

Abstract Latar Belakang Masalah: Salah satu indikator yang digunakan dalam pengendalian TB Paru adalah Case Detection Rate (CDR). Pada program pengendalian tuberkulosis nasional, salah satu indikator yang digunakan adalah Case Detection Rate (CDR) atau bisa disebut dengan angka penemuan kasus. Penemuan pasien TB merupakan langkah pertama dalam kegiatan tatalaksana pasien TB, salah satu prioritas program pengendalian TB sekaligus sekaligus sebagai upaya pencegahan terbaik dalam penularan TB di masyarakat Tujuan : Artikel ini mengulas artikel tentang kinerja pengelola program Tuberculosis dalam penemuan kasus baru. Metode: Penelitian ini menggunakan metode Literature review dengan database yang digunakan adalah Google Scholar. Setelah artikel terseleksi dilakukan ekstraksi data dan mengambil kesimpulan dari hasil penelitian Hasil: Berdasarkan kajian dan diskusi, faktor lingkungan sangat membantu penemuan kasus TB Paru, namun belum adanya koordinasi LSM dan penugasan yang beragam. Meskipun ada komunikasi yang baik di seluruh perusahaan, pendekatan konseling mungkin memerlukan beberapa perbaikan. Sumber daya untuk organisasi diberikan melalui dana BOK, lembaga swasta, dan laporan tertulis uang

Item Type: Article
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: 10-Faculty of Public Health > 13201-Public Health (S1)
Depositing User: Dr.rer.med Hamzah Hasyim, S.K.M, M.K.M
Date Deposited: 31 Mar 2023 15:54
Last Modified: 31 Mar 2023 16:57
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/92287

Actions (login required)

View Item View Item