Hasil Turnitin KUMPULAN IDE DESAIN Menghadapi Virus Corona

Passarella, Rossi (2020) Hasil Turnitin KUMPULAN IDE DESAIN Menghadapi Virus Corona. UPT. Penerbit dan Percetakan Universitas.

This is the latest version of this item.

[thumbnail of Buku corona.pdf] Text
Buku corona.pdf - Published Version

Download (5MB)

Abstract

Diawal tahun 2020, dunia digemparkan dengan merebaknya virus baru yaitu coronavirus jenis baru (SARS-CoV-2) dan penyakitnya disebut Coronavirus disease 2019 (COVID-19). Diketahui, asal mula virus ini berasal dari Wuhan, Tiongkok. Ditemukan pada akhir Desember tahun 2019. Sampai saat ini sudah dipastikan terdapat lebih dari 220 negara yang telah terjangkit virus ini. (Data WHO, 15 Mei 2020) dimana di Indonesia terdapat 16.496 kasus positif COVID-19 dengan 3.803 orang yang dinyatakan sembuh dan 1.076 orang meninggal dunia (Data covid19.go.id, 15 Mei 2020) dengan sebaran di keseluruhan 34 provinsi. Di Sumatera Selatan terdapat 458 kasus positif COVID-19 dengan 73 orang sembuh dan 11 orang meninggal dunia (Data corona.sumselprov.go.id, 15 Mei 2020) dengan sebaran di keseluruhan 14 kota/kabupaten. Di kota Pelembang terdapat 248 kasus positif COVID-19 dengan 51 orang sembuh dan 2 orang meninggal dunia (data hallo.palembang.go.id, 15 Mei 2020). Penyebaran COVID-19 terjadi sangat cepat dan meluas karena dapat menular melalui kontak dari manusia ke manusia. Sebagai respon, Pemerintah telah menerbitkan peraturan tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) melalui Peraturan Pemerintah No. 21 Tahun 2020 dan Permenkes No. 9 Tahun 2020. Hingga saat ini, berita seputar COVID-19 masih menjadi perhatian utama semua negara di dunia dan di tanah air untuk waspada dan tetap siaga menghadapi COVID-19 yang belum ditemukan obat dan vaksinnya. Sebagai upaya pencegahan penularan, kami Tim Laboratorium Perangkat Keras dan Komponen Fasilkom Universitas Sriwijaya dan bekerjasama dengan fakultas kedokteran Universitas Sriwijaya mencoba melakukaan kegiatan PKM dengan membuat beberapa produk yaitu Bilik Sterilisasi/Desinfectant Chamber, Face-shield, Hand Washer Portable (HWP) dan ada ide-ide dari mahasiswa Jurusan Sistem Komputer kelas Desain dan Inovasi Fakultas Ilmu Komputer Universitas Sriwijaya. Buku ini merupakan wujud kepedulian kami sebagai bagian masyarakat terhadap pandemik COVID-19 yang sedang dihadapi saat ini. Upaya ini kami akui belum maksimal dalam mencegah penularan namun merupakan langkah awal upaya pencegahan yang akan kami kembangkan dengan bantuan teknologi ilmu komputer. Sebagai bentuk tanggung jawab kami sebagai pelaksana kegiatan, maka kami menyusun buku ini dan menerbitkannya sebagai antisipasi dan siap siaga dalam penanganan kasus penyebaran virus tersebut di Indonesia khususnya di kota Palembang. Kami mengucapkan terima kasih dan memberikan penghargaan yang tinggi kepada Tim Laboratorium Perangkat Keras dan Komponen Fasilkom Universitas Sriwijaya serta Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya yang telah sigap dan cepat melaksanakan kegiatan dan menyusun buku ini. Semoga buku ini bermanfaat bagi Sejawat sekalian dalam menangani kasus COVID-19 di pelayanan kesehatan di Indonesia umumnya dan di kota Palembang khususnya.

Item Type: Other
Subjects: #3 Repository of Lecturer Academic Credit Systems (TPAK) > Results of Ithenticate Plagiarism and Similarity Checker
Divisions: 09-Faculty of Computer Science > 56201-Computer Systems (S1)
Depositing User: Rossi Passarella
Date Deposited: 05 Apr 2023 13:51
Last Modified: 05 Apr 2023 13:51
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/92498

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item