Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis E-Learning Sebagai Inovasi Pembelajaran Yang Tidak Mengenal Ruang dan Waktu di Kota Palembang

Hartono, Yusuf and Jauhari, Jaidan (2012) Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis E-Learning Sebagai Inovasi Pembelajaran Yang Tidak Mengenal Ruang dan Waktu di Kota Palembang. Universitas Sriwijaya.

[thumbnail of Laporan_Dia_Bermutu.pdf] Text
Laporan_Dia_Bermutu.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pesatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi atau yang dikenal dengan istilah Information and Communication Technology (ICT) dan internet telah merambah berbagai bidang kehidupan tidak terkecuali bidang pendidikan dan pengajaran(Hartanto, 2002; Lerouge, 2004; Ali, 2004). Di sisi lain dengan adanya internet dan ICT proses belajar dapat dilakukan kapan saja tanpa terikat ruang dan waktu (Surjono, 1999). Menurut Rosenberg (dalam Surya, 2006) terdapat lima pergeseran dalam proses pembelajaran dengan berkembangnya penggunaan teknologi informasi yaitu, dari pelatihan ke penampilan, dari ruang kelas ke di mana dan kapan saja, dari kertas ke ?online? atau saluran, dari fasilitas fisik ke fasilitas jaringan kerja, dari waktu siklus ke waktu nyata. Dengan kemampuan web/internet yang bisa mengirimkan berbagai bentuk data seperti teks, grafik, gambar, suara, animasi, atau bahkan video, maka banyak kalangan bisnis yang memanfaatkan teknologi ini dengan membuat homepage untuk mempromosikan usahanya, meskipun pada awalnya dimotori oleh perguruan tinggi. Kini hampir semua lapisan masyarakat (terutama di negara maju) sudah sangat terbiasa dengan web ini, karena hampir segala jenis informasi bisa diperoleh (Surjono, 1999; Cowie, 2004). Para pendidik melihat perkembangan web ini sebagai hal yang menguntungkan karena sangat berpotensi untuk dimanfaatkan sebagai media penyampaian bahan pengajaran. Di samping berfungsi sebagai media pengajaran yang mendukung multimedia dan hyperlinks (atau hypermedia), jika dirancang dengan baik, web juga bisa menjadi media pembelajaran yang interaktif dan memungkinkan peserta didik melakukan kontrol terhadap pembelajarannya (Ducastel, 2007; Khan, 1997; Golberg, 1998; Rubio-Royo, 2003). 4 Di samping keuntungan tersebut, ternyata hasil beberapa penelitian menunjukkan bahwa efektivitas pembelajaran melalui web sama dengan atau bahkan lebih baik dibanding pembelajaran tradisional. (NCSU, 1998; Richards, 1992; Hiltz, 1993 dalam Surjono 1999). Sedangkan hasil penelitian dari Wilfrid Laurier University (dalam Surjono, 1999), juga menunjukkan bahwa siswa yang menggunakan web dalam pembelajarannya terbukti dua kali lebih cepat waktu belajarnya dibanding siswa klasikal, 80% siswa tersebut berprestasi baik dan amat baik, serta 66% dari mereka tidak memerlukan bahan cetak. Demikian juga menurut Suradijono (2004) dari studi-studi yang ada, pembelajaran berbasis komputer (courseware) bila dibuat dengan baik terbukti dapat meningkatkan proses belajar pada diri seseorang. Pembelajaran berbantuan komputer telah dapat memberikan nuansa yang berbeda dalam pembelajaran dalam rangka meningkatkan prestasi belajar dan motivasi (Jauhari, 2009; Herman, 1995; Subardjono, 1992; Nejad, 1992; Kulik dkk.,1990; Chuang, 1991; Hwang, 1989; dan Bright, 1983). Penggunaan web/internet dalam dunia pendidikan yang banyak digunakan diperguruan tinggi adalah e-learning (Jauhari, 2008; Lewis, 2002). Beberapa perguruan tinggi menggunakan e-learning sebagai pelengkap atau pengganti tatap muka. Kelas virtual adalah inti dari atau untuk terselenggaranya aktivitas dalam e-learning (Rubio-Royo, 2003). Implementasi E-learning di perguruan tinggi pernah anggota penulis teliti melalui grant Hibah Bersaing tahun 2008 menunjukkan ada pengaruh dalam meningkatkan prestasi belajar mahasiswa. Namun demikian keberhasilan penggunaan E-learning selama ini baru digunakan di tingkat perguruan tinggi, sedangkan di sekolah ini belum pernah digunakan dan kalaupun ada yang sudah menggunakan tapi belum mengintegrasikan sekolah-sekolah yang ada dan hanya dipakai pada satu sekolah saja. Di sisi lain saat ini di sekolah-sekolah yang ada di Kota Palembang umumnya sudah mempunyai fasilitas komputer yang memadai dan terkoneksi dengan internet. Hal ini sangat mendukung untuk dilaksanakannya pembelajaran berbasis e-learning seperti yang akan peneliti laksanakan.

Item Type: Other
Subjects: L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General)
Depositing User: Mr. Jaidan Jauhari
Date Deposited: 02 Oct 2019 11:52
Last Modified: 02 Oct 2019 11:52
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/9272

Actions (login required)

View Item View Item