Analisis Tegangan Shaft Drive Pulley Pada Belt Conveyor di PT. Bukit Asam (PERSERO) Tbk. Tanjung Enim

Hendri Chandra, Hendri and Muhammad Andri, Andri Analisis Tegangan Shaft Drive Pulley Pada Belt Conveyor di PT. Bukit Asam (PERSERO) Tbk. Tanjung Enim. PROSIDING SEMINAR NASIONAL AVOER 8.

[thumbnail of ANALISIS TEGANGAN SHAFT DRIVE PULLEY PADA BELT .pdf] Text
ANALISIS TEGANGAN SHAFT DRIVE PULLEY PADA BELT .pdf - Published Version

Download (500kB)

Abstract

Desain shaft drive pulley yang digunakan diperuntukan untuk pengangkutan material angkut yang lama, yaitu campuran batubara dan tanah dengan masa jenis yang lebih berat, sedangkan sekarang hanya mengangkut batubara jenis sub bituminus dari stockpile yang telah tersedia. Perlu dilakukan analisis bagaimana kondisi tegangan shaft drive pulley jika material angkut hanya batubara jenis sub bituminus. Analisis tegangan yang terjadi pada shaft drive pulley akibat pembebanan lentur dan puntir, selain secara teoritis juga diperlukan simulasi menggunakan software Autodesk Inventor2016 dengan input data dari gaya resultan tarikan belt, gaya dari beban drive pulley, gaya dari komponen penggerakserta torsi yang dialami poros dari motor penggerak. Hasil analisis menunjukan bahwa, shaft drive pulley dalam kondisi aman digunakan untuk pembebanan yang dilakukan karena nilai tegangan Von Mises masih jauh dibawah endurance limit material tersebut. Hasil simulasi dengan menggunakan software Autodesk Inventor 2016 juga sesuai dengan perhitungan teoritis yang menunjukan kondisi kritis pada bagian akhir diameter terkecil sebelum kenaikan tingkatan poros dengan safety factor yang tidak berbeda jauh sebesar 3,06 dan 3,38. Nilai tegangan pada kondisi kritis poros pada profil chamffer sebaiknya dihindari dan diganti dengan radius atau fillet sehingga mengurangi konsentrasi tegangan yang terjadi pada bagian tersebut.

Item Type: Article
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA213-215 Engineering machinery, tools, and implements
Divisions: 03-Faculty of Engineering > 21201-Mechanical Engineering (S1)
Depositing User: Dr. Ir. Hendri Chandra
Date Deposited: 06 Apr 2023 06:57
Last Modified: 06 Apr 2023 06:57
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/92912

Actions (login required)

View Item View Item