FALAH, REZA NUR and Pulungan, Marwan and Asnimar, Asnimar (2018) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA DAN MENULIS PERMULAAN MENGGUNAKAN BUKU BELAJAR MEMBACA DAN MENULIS PERMULAAN DENGAN METODE IQRO MODIFIKASI PESERTA DIDIK KELAS I SD NEGERI 14 PEMULUTAN OGAN ILIR. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Text
RAMA_ 86206_ 06131381520046 _0003045602_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (802kB) |
|
Text
RAMA_ 86206_ 06131381520046 _0003045602_02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (553kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_ 86206_ 06131381520046 _0003045602_03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (741kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_ 86206_ 06131381520046 _0003045602_04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_ 86206_ 06131381520046 _0003045602_5.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (320kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_ 86206_ 06131381520046 _0003045602_06.ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (323kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_ 86206_ 06131381520046 _0003045602_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatkan keterampilan membaca dan dan menulis permulaan peserta didik kelas I SD Negeri 14 Pemulutan dengan buku Belajar Membaca dan Menulis Permulaan dengan Metode Iqro Modifikasi. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan selama 4 siklus, melalui tahapan penelitian berupa perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas 1 SD Negeri 14 Pemulutan berjumlah 19 peserta didik, yang teridiri dari 10 orang lai-laki dan 9 orang perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai keterampilan membaca dan menulis permulaan peserta didik mengalami peningkatan, hal ini terlihat dari rata-rata nilai peserta didik pada Siklus I sebesar 55,6, pada Siklus II meningkat menjadi 67, pada Siklus III meningkat menjadi 75,5, dan pada Siklus IV meningkat menjadi 85,2. Dari hasil observasi, keaktifan peserta didik mengalami peningkatan, pada Siklus I sebesar 66,8 dengan kategori aktif, pada Siklus II meningkat menjadi 76,1 dengan kategori aktif, pada Siklus III meningkat menjadi 79 dengan kategori aktif, dan pada Siklus IV meningkat menjadi 82,6 dengan kategori sangat aktif. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan buku Membaca dan Menulis Permulaan dengan Metode Iqro Modifikasi dapat meningkatkan keterampilan membaca dan menulis permulaan serta aktivitas peserta didik kelas 1 SD Negeri 14 Pemulutan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Buku Membaca dan Menulis Permulaan dengan Metode Iqro Modifikasi, ketrampilan Membaca dan Menulis Permulaan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1101-1139 Child study |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 86206-Elementary Teacher Education (S1) |
Depositing User: | Users 12 not found. |
Date Deposited: | 26 Jul 2019 06:46 |
Last Modified: | 26 Jul 2019 06:46 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/942 |
Actions (login required)
View Item |