UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA DAN MENULIS PERMULAAN MENGGUNAKAN BUKU BELAJAR MEMBACA DAN MENULIS PERMULAAN DENGAN METODE IQRO MODIFIKASI PESERTA DIDIK KELAS I SD NEGERI 14 PEMULUTAN OGAN ILIR

FALAH, REZA NUR and Pulungan, Marwan and Asnimar, Asnimar (2018) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA DAN MENULIS PERMULAAN MENGGUNAKAN BUKU BELAJAR MEMBACA DAN MENULIS PERMULAAN DENGAN METODE IQRO MODIFIKASI PESERTA DIDIK KELAS I SD NEGERI 14 PEMULUTAN OGAN ILIR. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_ 86206_ 06131381520046 _0003045602_01_front_ref.pdf] Text
RAMA_ 86206_ 06131381520046 _0003045602_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (802kB)
[thumbnail of RAMA_ 86206_ 06131381520046 _0003045602_02.pdf] Text
RAMA_ 86206_ 06131381520046 _0003045602_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (553kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_ 86206_ 06131381520046 _0003045602_03.pdf] Text
RAMA_ 86206_ 06131381520046 _0003045602_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (741kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_ 86206_ 06131381520046 _0003045602_04.pdf] Text
RAMA_ 86206_ 06131381520046 _0003045602_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_ 86206_ 06131381520046 _0003045602_5.pdf] Text
RAMA_ 86206_ 06131381520046 _0003045602_5.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (320kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_ 86206_ 06131381520046 _0003045602_06.ref.pdf] Text
RAMA_ 86206_ 06131381520046 _0003045602_06.ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (323kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_ 86206_ 06131381520046 _0003045602_07_lamp.pdf] Text
RAMA_ 86206_ 06131381520046 _0003045602_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatkan keterampilan membaca dan dan menulis permulaan peserta didik kelas I SD Negeri 14 Pemulutan dengan buku Belajar Membaca dan Menulis Permulaan dengan Metode Iqro Modifikasi. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan selama 4 siklus, melalui tahapan penelitian berupa perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas 1 SD Negeri 14 Pemulutan berjumlah 19 peserta didik, yang teridiri dari 10 orang lai-laki dan 9 orang perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai keterampilan membaca dan menulis permulaan peserta didik mengalami peningkatan, hal ini terlihat dari rata-rata nilai peserta didik pada Siklus I sebesar 55,6, pada Siklus II meningkat menjadi 67, pada Siklus III meningkat menjadi 75,5, dan pada Siklus IV meningkat menjadi 85,2. Dari hasil observasi, keaktifan peserta didik mengalami peningkatan, pada Siklus I sebesar 66,8 dengan kategori aktif, pada Siklus II meningkat menjadi 76,1 dengan kategori aktif, pada Siklus III meningkat menjadi 79 dengan kategori aktif, dan pada Siklus IV meningkat menjadi 82,6 dengan kategori sangat aktif. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan buku Membaca dan Menulis Permulaan dengan Metode Iqro Modifikasi dapat meningkatkan keterampilan membaca dan menulis permulaan serta aktivitas peserta didik kelas 1 SD Negeri 14 Pemulutan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Buku Membaca dan Menulis Permulaan dengan Metode Iqro Modifikasi, ketrampilan Membaca dan Menulis Permulaan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1101-1139 Child study
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 86206-Elementary Teacher Education (S1)
Depositing User: Users 12 not found.
Date Deposited: 26 Jul 2019 06:46
Last Modified: 26 Jul 2019 06:46
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/942

Actions (login required)

View Item View Item